Kebakaran 3 Rumah di Barru Diduga Arus Pendek Listrik

Kebakaran rumah di Kabupaten Barru alami kebakaran, Kamis (21/4/2022) kemarin terjadi di Dusun Maddo, Desa Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel.

Penyebab kebakaran tersebut diduga karena arus pendek listrik sehingga menghanguskan tiga rumah panggung.

Ketiga rumah panggung tersebut milik Hj Hamsina (59) yang pekerjaan setiap harinya adalah guru. Kemudian rumah milik Mudassir (56) yang pekerjaan setiap harinya adalah security. Dan rumah ketiga yaitu milik Hasanuddin (42) yang juga pekerjaan setiap harinya adalah guru.

Kapolsek Tanete Rilau, AKP Asfar Hakim menjelaskan, kejadian ini pertama kali dilihat oleh Abd Azis yang sementara duduk di depan teras rumahnya bersama Nursyamsiah.

“Keduanya melihat asap dan api dari kamar belakang rumah Hasanuddin,” ungkapnya.

“Kemudian setelah melihat api tersebut, Aziz langsung lari ke rumah Hj Hamsina untuk menyelamatkan kakeknya, mobilnya dan motornya yang sementara parkir di kolong rumahnya,” ujarnya.

Setelah menyelamatkan kakeknya, Azis berteriak minta tolong kepada warga setempat bahwa ada rumah terbakar.

“Dan tidak lama kemudian warga setempat berdatangan untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya,” bebernya.

“Dengan adanya bahan-bahan yang mudah terbakar dan sebagian besar rumah tersebut terbuat dari kayu maka menyebabkan kebakaran semakin cepat membesar dan tidak mampu dipadamkan dengan alat seadanya,” kata Asfar.

Tak lama setelah itu, lanjut Asfar, datanglah 7 mobil Damkar di TKP dan langsung memadamkan api bersama masyarakat setempat. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun saja kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta.

Sementara Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran, Muhammad Sabirin mengimbau agar kiranya masyarakat selalu berhati-hati dan waspada atas kemungkinan terjadinya kebakaran.

“Kita tidak hentinya selalu mengimbau dan mengingatkan untuk waspada dengan kondisi seperti ini, karna kejadian ini tidak diminta-minta terjadinya. Tentunya kita juga biasa turun di setiap kecamatan untuk sosialisasi antisipasi pemicu terjadinya hal ini,” bebernya.

BACA JUGA  Banjir Besar Sapu Brazil Puluhan Tewas dan Ribuan Warga Mengungsi

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Presiden Apresiasi Mudik Lebaran Tahun 2022 Berjalan Aman dan Sehat

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat dan petugas yang terlibat dalam pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2022 sehingga dapat berjalan dengan...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Ribuan Pembudidaya Ikan Hias di Tulungagung Gulung Tikar

Harga ikan hias yang anjlok sejak beberapa bulan lalu di pasaran menyebabkan ribuan pembudidaya ikan hias di Tulungagung gulung tikar dan berbondong-bondong beralih ke...

Hukum

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...