Kawasan Desa Sekumpul Menyimpan Keindahan Air Terjun Tertinggi di Bali

Desa Sekumpul merupakan salah satu desa yang ada di Bali, terletak di Kabupaten Buleleng. Desa tersebut menyimpan berbagai destinasi alam yang diminati turis lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah air terjun.

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Dewata. Wisata ini terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan ini, memiliki nuansa alam nan asri dan panorama pelangi yang menakjubkan.

Jarak dari pusat Kota Singaraja untuk menuju objek wisata Sekumpul ini hanya sekitar 20 kilometer. Dimana sepanjang perjalanan menuju Desa Sekumpul akan melewati beberapa desa lainnya dengan pemandangan pedesaan nan indah. Dari kawasan Desa juga bisa melihat air terjun lainnya dari kejauhan, diantaranya Air Terjun Fiji dan Air Terjun Hiden.

“Air Terjun ini ada dua, itu air terjun kembar, yang sebelah lagi ada hidden (tersembunyi), itu dikelola oleh Sekumpul, kemudian bersebelahan lagi sekitar 150 meter ada Air Terjun Fiji yang dikelola Desa Lemukih,” kata Manager Unit Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sekar Bank Sekumpul, Gede Sudiarsa.

Untuk melihat keindahan destinasi ini dari dekat memerlukan usaha yang cukup ekstra, karena lokasinya yang tersembunyi. Pengunjung akan diajak tracking dan melewati sekitar 300 anak tangga. Namun, perjalanan yang cukup panjang itu bakal terbayar lunas.

Air terjun dengan tinggi kurang lebih 90 meter itu sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan. Panorama alam dengan tumbuhan rambat yang menempel di tebing membuatnya terlihat eksotis dan sangat memanjakan mata. Bahkan jika beruntung juga bisa melihat pelangi yang muncul akibat derasnya guyuran air.

Ada dua air terjun di lokasi, yang posisinya bersebelahan. Aliran air terjun sebelah kanan berasal dari aliran sungai. Sedangkan air terjun sebelah kiri berasal dari mata air alami, sehingga walaupun sedang musim hujan airnya akan tetap jernih.

BACA JUGA  Mengenal Kesenian Tari Pendet dari Pulau Dewata Sejak 1950

“Daya tariknya destinasi di sini, yang pertama dari ketinggian air, termasuk tertinggi di Bali, mencapai 90 meter, kemudian salah satu airnya itu tetap jernih setiap musim, karena memang sumbernya dari mata air langsung, alamnya juga masih alami,” jelasnya.

Harga tiket masuk ke destinasi ini untuk wisatawan lokal dibanderol Rp20 ribu untuk dewasa, dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Sementara untuk wisatawan asing dibagi menjadi tiga paket wisata, yakni paket view Rp20 ribu, paket medium tracking Rp125 ribu, dan paket long tracking Rp200 ribu. Untuk paket medium dan long tracking, wisatawan sudah mendapatkan fasilitas pemandu wisata atau tour guide.

“Wisatawan asing itu ada tiga paket, kalau paket view mereka hanya menikmati pemandangan dari atas saja, kemudian paket medium itu bisa menikmati kawasan di sini dan hidden yang dikelola Sekumpul, sedangkan untuk paket long itu sampai ke Fiji itu bayar Rp200 ribu, karena kita bayar tiket lagi ke sana, soalnya itu dikelola Lemukih,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Putra Mahkota Saudi, Erdogan Bertemu di Turki untuk Normalisasi Hubungan

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Turki untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun hari ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tayyip Erdogan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...