Kasus Hepatitis Akut Belum Terdeteksi di Ambon

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy kepada wartawan di gedung DPRD kota Ambon, Selasa 10 Mei 2022 menyampaikan, saat ini kota Ambon masih bebas kasus Hepatitis Akut.

Meski demikian langkah-langkah preventif tetap dilakukan Pemerintah Kota Ambon dalam rangka pencegahan masuknya Hepatitis Akut di Kota Ambon.

“Sampai saat ini belum ditemukan kasus itu di Ambon, dan tidak ada sama sekali,” ucap Pelupesay.

Dirinya menerangkan, Hepatitis akut dapat terdeteksi dari hasil laboratorium, dengan memiliki sejumlah gejala awal.

“Kalau hepatitis biasa terjadi dalam kategori A, B sampai E, tapi hepatitis akut belum bisa terdeteksi virus apa? Makanya dibilang kasus ini masih misterius,” jelas Kadis.

Dinkes kota Ambon, lanjut Pelupesay, sudah melakukan skrining terhadap pasien yang berobat di rumah sakit, ketika sakit. “Karena dari sana bisa terdeteksi gejala, kalau ada rumah sakit langsung melaporkan,” ujarnya.

Kementerian Kesehatan RI telah memerintah seluruh jajaran termasuk Dinas Kesehatan kota Ambon untuk melakukan langkah antisipasi.

“Kami mengantisipasi kasus Hepatitis ini dengan cara skrining. Anak dari usia 1 bulan sampai dibawah 16 tahun misalnya gejala mual, muntah, kemudian demam ringan itu harus diantisipasi diperiksa di laboratorium. Tapi sampai sekarang belum ada kasus yang ditemukan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Mantan Ketua KONI Padang Ditangkap Kejaksaan

Kejaksaan Negeri Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya menangkap Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padang yang berinisial AS. Diketahui AS yang merupakan ketua...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Dampak Kemarau, Air di Objek Wisata Pemandian Mata Ie Aceh Besar Kering

Objek wisata Pemandian Mata Ie, Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, mengalami kekeringan. Hal ini disebabkan karena kemarau di daerah tersebut. Dampak kemarau yang melanda, pemandian...

Hukum

Polisi Tangkap Pencuri Motor Ninja di Agam

Kasus pencurian sepeda motor kembali terjadi, Dua pencuri sepeda motor berhasil ditangkap oleh Jajaran Satreskrim Polres Bukittinggi. Kasatreskrim Polres Bukittinggi AKP Ardiansyah Rolindo mengatakan, ke...