Kasetpres: Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 akan Melibatkan 2.000 Masyarakat

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” akan dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Pada peringatan yang dilakukan pada 17 Agustus 2022 itu, mulai melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan secara terbatas.

Sebanyak 2000 orang dari berbagai lapisan masyarakat dapat menghadiri puncak peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

“Kali ini kami undang masyarakat secara terbatas,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono melalui keterangan persnya secara virtual pada Senin (1/8/2022).

Mekanisme pelibatan masyarakat dalam peringatan kegiatan tersebut, lanjut Heru, setiap individu dapat secara langsung mendaftarkan diri pada situs atau website yang telah disediakan oleh pemerintah.

Dengan kuota pendaftaran masyarakat sekitar 2000 orang dari berbagai daerah di tanah air. Setelah terpenuhi, maka otomatis situs atau pun website pendaftaran tersebut tidak dapat lagi diakses oleh masyarakat.

“Setelah kuota terpenuhi sistem akan tertutup secara otomatis. Pada hari ini sudah mulai dibuka,” kata Heru.

Pada peringatan itu, akan dihadiri juga oleh para menteri maupun kepala lembaga negara. Kemudian, bagi kepala daerah dapat mengikuti kegiatan peringatan secara virtual.

Peringatan hari kemerdekaan itu, akan dimulai pada pukul 09.45 WIB pada saat detik-detik proklamasi hingga dilakukan prosesi penaikan bendera sangsaka merah putih.

Kemudian, pada sesi sore, akan dimulai pada sekitar 15.00 WIB. Sekitar pukul 16.20 WIB akan dilakukan prosesi penurunan bendara sangsaka merah putih.

“Peringatan dilakukan secara fisik juga virtual. Jadi, masyarakat dapat mengikuti peringatan tersebut,” tutur Heru.

Selama pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan itu, akan memegang teguh protokol kesehatan. Sehingga, dapat terhindar dari ancaman penyebaran wabah global COVID-19 yang masih merebak di tanah air.

BACA JUGA  Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Salat Idulfitri di Halaman Istana Yogyakarta

Setiap waktu akan dilakukan pemantauan secara ketat, berkaitan dengan kondisi wabah global COVID-19 yang terjadi di tanah air. Dengan begitu, peringatan hari kemerdekaan tersebut dapat dilakukan secara optimal sesuai rencana.

“Pelaksanaan upacara peringatan akan mengikuti kondisi penyebaran COVID-19 di Jakarta,” kata Heru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3