Kasetpres: Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 akan Melibatkan 2.000 Masyarakat

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” akan dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Pada peringatan yang dilakukan pada 17 Agustus 2022 itu, mulai melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan secara terbatas.

Sebanyak 2000 orang dari berbagai lapisan masyarakat dapat menghadiri puncak peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

“Kali ini kami undang masyarakat secara terbatas,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono melalui keterangan persnya secara virtual pada Senin (1/8/2022).

Mekanisme pelibatan masyarakat dalam peringatan kegiatan tersebut, lanjut Heru, setiap individu dapat secara langsung mendaftarkan diri pada situs atau website yang telah disediakan oleh pemerintah.

Dengan kuota pendaftaran masyarakat sekitar 2000 orang dari berbagai daerah di tanah air. Setelah terpenuhi, maka otomatis situs atau pun website pendaftaran tersebut tidak dapat lagi diakses oleh masyarakat.

“Setelah kuota terpenuhi sistem akan tertutup secara otomatis. Pada hari ini sudah mulai dibuka,” kata Heru.

Pada peringatan itu, akan dihadiri juga oleh para menteri maupun kepala lembaga negara. Kemudian, bagi kepala daerah dapat mengikuti kegiatan peringatan secara virtual.

Peringatan hari kemerdekaan itu, akan dimulai pada pukul 09.45 WIB pada saat detik-detik proklamasi hingga dilakukan prosesi penaikan bendera sangsaka merah putih.

Kemudian, pada sesi sore, akan dimulai pada sekitar 15.00 WIB. Sekitar pukul 16.20 WIB akan dilakukan prosesi penurunan bendara sangsaka merah putih.

“Peringatan dilakukan secara fisik juga virtual. Jadi, masyarakat dapat mengikuti peringatan tersebut,” tutur Heru.

Selama pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan itu, akan memegang teguh protokol kesehatan. Sehingga, dapat terhindar dari ancaman penyebaran wabah global COVID-19 yang masih merebak di tanah air.

Setiap waktu akan dilakukan pemantauan secara ketat, berkaitan dengan kondisi wabah global COVID-19 yang terjadi di tanah air. Dengan begitu, peringatan hari kemerdekaan tersebut dapat dilakukan secara optimal sesuai rencana.

“Pelaksanaan upacara peringatan akan mengikuti kondisi penyebaran COVID-19 di Jakarta,” kata Heru.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Cara agar Tidak Cemas Berlebihan Menghadapi Masa Depan

Masa depan penuh dengan ketidakpastian. Kita tak bisa benar-benar tahu dengan pasti hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Ada yang mungkin akan berhasil, tetapi...

Peristiwa

Seorang Wanita Ingin Bunuh Diri di Kupang Berhasil Digagalkan Warga

Seorang wanita ingin bunuh diri di Jembatan Liliba Kota Kupang pada Kamis (11/8/2022) namun berhasi digagalkan warga setempat. Warga yang melintas di Jembatan Liliba dan...

Hukum

Ferdy Sambo: Saya Meminta Maaf Beri Informasi Tidak Benar

Eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo meminta maaf kepada masyarakat luas dan pihak-pihak terkait yang terdampak masalah yang dihadapinya. Sambo mengakui telah...

Iklan 6