Kantor Disperindag Dompu Diduga Korupsi Rp 1,5 M

Penggeledahan kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Dompu oleh Tim Satgas penyidik khusus dari Kejaksaan Negeri (Kejari). Hal itu dikarenakan adanya dugaan korupsi pengadaan alat meteorologi sebesar Rp 1,5 miliar tahun anggaran 2018.

“Kasus ini dilaporkan tahun 2020 karena ada hasil laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat Dompu. Di sana disebut ada selisih Rp 167 juta,” kata Kasi Intel Kejari Dompu, Indra Zulkarnain, Kamis (28/7/2022).

Dikatakannya, tim satgas melakukan penggeledahan kantor untuk mendapatkan informasi dan dokumen tambahan kasus tersebut. Sayangnya tak dijelaskan secara rinci dokumen apa saja yang disita.

“Beri kami waktu sebagaimana prosesnya masih kita dalami, hari ini kita sita dokumen pendukung,” ungkap Indra yang didampingi oleh Kasi Pidsus, Ngurah Bagus Gede Jati Kusuma.

Dijelaskan Indra, kasus dugaan korupsi ini mengarah kepada mark up anggaran pembelian dua unit mobil yakni mobil dinas operasional kantor untuk menunjang kegiatan dan mobil pengawasan serta alat meteorologi.

“LHP Inspektorat tentang kemahalan mark up mobil dinas kantor dan mobil pengawasan, mobil ada pagunya. Tapi mark up, sehingga selisih harga. Makanya ada Rp 167 juta. Temuan ini bisa saja bertambah dan bisa berkurang,” jelasnya.

Dikatakannya, sejumlah saksi telah diperiksa termasuk mantan Kepala Disperindag tahun 2018 dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Dompu.

“Banyak saksi yang diperiksa termasuk mantan Kadis, kepala PPKAD dan orang-orang yang terkait. Dalam kegiatan ini juga tidak ada pejabat pembuat komitmen (PPK),” tegasnya.

Sementara itu, proses penggeledahan berlangsung kurang dari dua jam yang dimulai sejak pukul 11.00 Wita. Belasan tim yang dipimpin oleh Kasi Intel nampak sibuk memeriksa dokumen pada sejumlah ruangan di kantor Disperindag Dompu yang berlokasi di Jalan Bhayangkara.

Sejumlah wartawan yang hendak meliput proses penggeledahan tersebut dilarang oleh tim satgas. Bahkan, awak media diusir keluar dari areal kantor. Usai penggeledahan, nampak petugas membawa boks besar yang diduga berisi dokumen hasil sitaan.

Untuk diketahui, pengadaan alat meteorologi pada Disperindag Dompu dianggarkan tahun 2018. Anggaran sebesar Rp 1,5 miliar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6