Kantor Disperindag Dompu Diduga Korupsi Rp 1,5 M

Penggeledahan kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Dompu oleh Tim Satgas penyidik khusus dari Kejaksaan Negeri (Kejari). Hal itu dikarenakan adanya dugaan korupsi pengadaan alat meteorologi sebesar Rp 1,5 miliar tahun anggaran 2018.

“Kasus ini dilaporkan tahun 2020 karena ada hasil laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat Dompu. Di sana disebut ada selisih Rp 167 juta,” kata Kasi Intel Kejari Dompu, Indra Zulkarnain, Kamis (28/7/2022).

Dikatakannya, tim satgas melakukan penggeledahan kantor untuk mendapatkan informasi dan dokumen tambahan kasus tersebut. Sayangnya tak dijelaskan secara rinci dokumen apa saja yang disita.

“Beri kami waktu sebagaimana prosesnya masih kita dalami, hari ini kita sita dokumen pendukung,” ungkap Indra yang didampingi oleh Kasi Pidsus, Ngurah Bagus Gede Jati Kusuma.

Dijelaskan Indra, kasus dugaan korupsi ini mengarah kepada mark up anggaran pembelian dua unit mobil yakni mobil dinas operasional kantor untuk menunjang kegiatan dan mobil pengawasan serta alat meteorologi.

“LHP Inspektorat tentang kemahalan mark up mobil dinas kantor dan mobil pengawasan, mobil ada pagunya. Tapi mark up, sehingga selisih harga. Makanya ada Rp 167 juta. Temuan ini bisa saja bertambah dan bisa berkurang,” jelasnya.

Dikatakannya, sejumlah saksi telah diperiksa termasuk mantan Kepala Disperindag tahun 2018 dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Dompu.

“Banyak saksi yang diperiksa termasuk mantan Kadis, kepala PPKAD dan orang-orang yang terkait. Dalam kegiatan ini juga tidak ada pejabat pembuat komitmen (PPK),” tegasnya.

Sementara itu, proses penggeledahan berlangsung kurang dari dua jam yang dimulai sejak pukul 11.00 Wita. Belasan tim yang dipimpin oleh Kasi Intel nampak sibuk memeriksa dokumen pada sejumlah ruangan di kantor Disperindag Dompu yang berlokasi di Jalan Bhayangkara.

BACA JUGA  Polres Bekasi Kesulitan Ungkap Pelaku Begal Selangkangan Mamah Muda

Sejumlah wartawan yang hendak meliput proses penggeledahan tersebut dilarang oleh tim satgas. Bahkan, awak media diusir keluar dari areal kantor. Usai penggeledahan, nampak petugas membawa boks besar yang diduga berisi dokumen hasil sitaan.

Untuk diketahui, pengadaan alat meteorologi pada Disperindag Dompu dianggarkan tahun 2018. Anggaran sebesar Rp 1,5 miliar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3