Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Ikan Patin

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dari daging merah. Daging merah tinggi lemak jenuh, vitamin B12, zat besi, niasin, dan seng. Sementara itu, ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin D, tiamin, selenium, dan yodium.

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak adalah ikan patin. Kandungan vitamin B12 pada patin dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, dan pencegahan terhadap anemia. Yuk simak selengkapnya menegnai kandungan nutrisi pada ikan patin lainnya di sini!

Kandungan Nutrisi pada Ikan Patin

Perbedaan jenis ikan patin nyatanya dapat berdampak pada kandungan nutrisi yang tidak sama pula. Misalnya, pada ikan patin yang dibesarkan di peternakan, mereka biasanya diberikan makanan berprotein tinggi yang mencakup biji-bijian seperti kedelai, jagung, dan gandum. Vitamin, mineral, antioksidan, asam lemak, dan bahkan probiotik juga secara teratur ditambahkan ke pakannya. Alhasil, ikan patin di peternakan memiliki kandungan nutrisi lebih baik ketimbang patin liar.

Akan tetapi, umumnya ikan patin berukuran 100 gram memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti:

  • 105 kalori.
  • 2,9 gram lemak.
  • 18 gram protein.
  • 50 mg natrium.
  • Memenuhi 121 persen kebutuhan harian vitamin B12.
  • Memenuhi 26 persen kebutuhan harian selenium.
  • Memenuhi 24 persen kebutuhan harian fosfor.
  • Memenuhi 15 persen kebutuhan harian tiamin.
  • Memenuhi 18 persen kebutuhan harian kalium.
  • Memenuhi 24 persen kebutuhan harian kolesterol.
  • 237 mg asam lemak omega-3.
  • 337 mg asam lemak omega-6.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak kekhawatiran tentang kontaminasi logam berat pada ikan dan makanan laut lainnya. Salah satunya adalah kandungan logam berat merkuri pada makanan laut.

Berbeda dengan ikan yang hidup di laut, ikan patin yang tergolong sebagai ikan air tawar ini mengandung konsentrasi merkuri yang sangat minimal.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S. Food and Drug Administration yang berlangsung dari tahun 1990 hingga 2012, rata-rata kandungan merkuri yang terdapat pada ikan patin adalah 0,024 PPM.

BACA JUGA  Selain Mengonsumsi 8 Makanan untuk Meredakan Flu, Anda Juga Harus Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips Memilih Ikan Patin Segar

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada ikan patin, tentunya hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan lainnya adalah memastikan kalau ikan yang kamu beli masih dalam kondisi segar. Ikan yang segar berarti masih memiliki kandungan nutrisi.

Nah, ada beberapa cara untuk tahu apakah ikan patin yang ingin kamu beli masih dalam kondisi segar, yaitu:

  1. Bau

Ikan yang masih segar seharusnya tidak memiliki bau asam ataupun amis yang berlebihan.

  1. Penyimpanan Ikan

Proses penyimpanan ikan bisa menentukan tingkat kesegarannya. Jangan membeli ikan yang sudah disimpan dalam jangka waktu terlalu lama.

  1. Penampilan

Tampilan ikan yang kamu beli adalah indikator kualitas kesegarannya. Ikan yang berkualitas harus memiliki penampilan yang cerah dan warna yang relatif jernih. Ikan juga harus terlihat padat berisi.

Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi pada ikan patin, dan tips membeli ikan patin segar untuk diolah. Punya pertanyaan lebih jauh mengenai kandungan nutrisi pada ikan patin, tanyakan saja langsung ke dokter atau rumahsakit terdekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3