Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Ikan Patin

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dari daging merah. Daging merah tinggi lemak jenuh, vitamin B12, zat besi, niasin, dan seng. Sementara itu, ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin D, tiamin, selenium, dan yodium.

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak adalah ikan patin. Kandungan vitamin B12 pada patin dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, dan pencegahan terhadap anemia. Yuk simak selengkapnya menegnai kandungan nutrisi pada ikan patin lainnya di sini!

Kandungan Nutrisi pada Ikan Patin

Perbedaan jenis ikan patin nyatanya dapat berdampak pada kandungan nutrisi yang tidak sama pula. Misalnya, pada ikan patin yang dibesarkan di peternakan, mereka biasanya diberikan makanan berprotein tinggi yang mencakup biji-bijian seperti kedelai, jagung, dan gandum. Vitamin, mineral, antioksidan, asam lemak, dan bahkan probiotik juga secara teratur ditambahkan ke pakannya. Alhasil, ikan patin di peternakan memiliki kandungan nutrisi lebih baik ketimbang patin liar.

Akan tetapi, umumnya ikan patin berukuran 100 gram memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti:

  • 105 kalori.
  • 2,9 gram lemak.
  • 18 gram protein.
  • 50 mg natrium.
  • Memenuhi 121 persen kebutuhan harian vitamin B12.
  • Memenuhi 26 persen kebutuhan harian selenium.
  • Memenuhi 24 persen kebutuhan harian fosfor.
  • Memenuhi 15 persen kebutuhan harian tiamin.
  • Memenuhi 18 persen kebutuhan harian kalium.
  • Memenuhi 24 persen kebutuhan harian kolesterol.
  • 237 mg asam lemak omega-3.
  • 337 mg asam lemak omega-6.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak kekhawatiran tentang kontaminasi logam berat pada ikan dan makanan laut lainnya. Salah satunya adalah kandungan logam berat merkuri pada makanan laut.

Berbeda dengan ikan yang hidup di laut, ikan patin yang tergolong sebagai ikan air tawar ini mengandung konsentrasi merkuri yang sangat minimal.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S. Food and Drug Administration yang berlangsung dari tahun 1990 hingga 2012, rata-rata kandungan merkuri yang terdapat pada ikan patin adalah 0,024 PPM.

Tips Memilih Ikan Patin Segar

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada ikan patin, tentunya hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan lainnya adalah memastikan kalau ikan yang kamu beli masih dalam kondisi segar. Ikan yang segar berarti masih memiliki kandungan nutrisi.

Nah, ada beberapa cara untuk tahu apakah ikan patin yang ingin kamu beli masih dalam kondisi segar, yaitu:

  1. Bau

Ikan yang masih segar seharusnya tidak memiliki bau asam ataupun amis yang berlebihan.

  1. Penyimpanan Ikan

Proses penyimpanan ikan bisa menentukan tingkat kesegarannya. Jangan membeli ikan yang sudah disimpan dalam jangka waktu terlalu lama.

  1. Penampilan

Tampilan ikan yang kamu beli adalah indikator kualitas kesegarannya. Ikan yang berkualitas harus memiliki penampilan yang cerah dan warna yang relatif jernih. Ikan juga harus terlihat padat berisi.

Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi pada ikan patin, dan tips membeli ikan patin segar untuk diolah. Punya pertanyaan lebih jauh mengenai kandungan nutrisi pada ikan patin, tanyakan saja langsung ke dokter atau rumahsakit terdekat.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6