Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Di Afghanistan Meningkat Tajam, Dekati Angka 1000

Korban tewas akibat gempa kuat di Afghanistan telah meningkat menjadi 920, dengan lebih dari 600 lainnya terluka, menurut pejabat manajemen bencana Taliban, ketika tim penyelamat berusaha mencapai lokasi bencana di provinsi terpencil Paktika dan Khost.

“Sejauh ini informasi yang kami miliki adalah bahwa setidaknya 920 orang tewas dan 600 terluka,” kata Mawlawi Sharafuddin Muslim, wakil menteri penanggulangan bencana, dalam konferensi pers, Rabu (22/6).

“Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan dan akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rinciannya,” kata pejabat kementerian dalam negeri Afghanistan, Salahuddin Ayubi sebelumnya.

Survei Geologi Amerika Serikat telah merevisi magnitudo gempa menjadi 5,9 padahal sebelumnya berada di 6,1. Pusat gempa berada sekitar 46 km (27 mil) dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan, kata USGS.

gempa
Rekaman menunjukkan orang-orang dibawa ke tandu. Photo: Kantor Berita Pemerintah Afghanistan

Yaqub Manzor, seorang pemimpin suku dari provinsi Paktika, mengatakan para penyintas bergerak untuk membantu mereka yang terkena dampak.

“Pasar lokal ditutup dan semua orang bergegas ke daerah yang terkena dampak,” katanya kepada AFP melalui telepon.

Rekaman dari provinsi Paktika dekat perbatasan Pakistan menunjukkan para korban dibawa ke helikopter untuk diterbangkan dari daerah tersebut. Gambar yang beredar luas secara online dari provinsi tersebut menunjukkan rumah-rumah yang hancur, dengan penduduk melewati puing-puing.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Seorang Pria Tewas Diterkam Buaya di Pulau Buru Maluku

Seorang pria diterkam buaya bernama La Ode Kaharudin (46), ia merupakan warga Desa Pasir Putih, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, Maluku. Kaharudin diterkam saat...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...