Jualan Online, Bulog Raup Omzet Rp 8 Miliar per Tahun

Perum Bulog memberikan kemudahan belanja produk pangan melalui aplikasi iPangananDotCom, yang tersebar saat ini ada 11 lokasi gudang distribusi di seluruh Indonesia. Melalui toko online miliknya, Bulog sukses meraup omzet Rp8 miliar per tahun.

Sekretaris Perum Bulog, Awaludin Iqbal, mengatakan iPangananDotCom merupakan pasar online hasil kerja sama Bulog dengan Store Send Indonesia (SSI) untuk memberikan kemudahan berbelanja. Selain itu, guna menjaga stabilitas pangan di dalam negeri.

Selain menjual beras sebagai komoditas utamanya, platform tersebut juga menjajakan produk lain seperti minyak goreng sampai gula.

“iPangananDotCom yang awalnya hanya di tujuh lokasi kini hadir di 11 kota besar, ditambah gudang pangan,” kata Iqbal saat berkunjung ke Center Distribusi Market Place (CDMC) Tambakaji, Semarang, Jumat (22/7/2022).

Ke-11 kota besar itu meliputi Jakarta, Tangerang, Bogor, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan,dan Makasar.

“Jumlah transaksi terbesar via iPangananDotCom berasal dari wilayah Jabodetabek, khususnya Jakarta. Kalau secara nasional per bulan sekitar Rp700 juta, kalau setahun Rp8 miliar. (Transaksi) di Jakarta lebih banyak. Kalau Jabodetabek transaksi jumlahnya 500-1.000 transaksi per hari,” terangnya, dikutip dari infopublik.

Awaludin Iqbal menambahkan, konsep yang ditawarkan adalah hyperlocal, yakni menyediakan stok bahan pangan di titik lokasi gudang, sehingga tercipta efisiensi waktu proses pengiriman. Konsep itu menjadi nilai tambah dalam menjamin kelancaran berbelanja menjadi praktis dan cepat.

Salah satu lokasi iPangananDotCom berada di Tambakaji Semarang yang mulai beroperasi Februari 2020. Pada 2021 omzetnya mencapai Rp450 juta atau sekitar Rp1,4 juta per hari. Sementara untuk 2022 pada semester 1 sebesar Rp137 juta.

Wakil Pimpinan Bulog Wilayah Jawa Tengah, Sri Mulyati, mengatakan iPangananDotCom Tambakaji menjadi sarana distribusi produk pangan Bulog. Namun demikian, pihaknya juga menjual produk non-Bulog dari mitra, seperti minyak goreng, susu kental manis dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Ada 6 Agenda BI Untuk Sukseskan G20

“Setidaknya ada 104 merek dagang yang kami jual. Untuk beras ada sekitar 9 produk. Kami juga bekerja sama dengan pihak lain yang mau memasarkan produknya di iPangananDotCom,” katanya kepada wartawan.

Di Jawa Tengah kata Sri, ada dua lokasi yakni Semarang dan Solo. Dengan adanya CDMC akan memperkuat jaringan pasar Bulog, apalagi didukung dengan fasilitas gudang untuk distribusi.

Untuk saat ini Sri mengakui, iPangananDotCom masih melayani pembelian retail. Namun demikian pihaknya juga tengah menyiapkan gudang untuk penjualan grosir.

“Di sini kami sediakan beras, gula, minyak goreng, terigu dan produk pangan lainnya. Kami juga menyediakan beras premium, seperti Fortivit dan beras merah,” katanya.

Sri berkomitmen, pihaknya siap memberikan pelayanan cepat kepada konsumen yang memesan melalui iPangananDotCom ini. Bahkan juga ada promo harga murah pada waktu-waktu tertentu seperi flash sale pada malam hari. “Bagi konsumen yang memesan ke iPangananDotCom kami berikan ongkos gratis,” katanya.

Namun demikian Sri memberikan catatan lokasi pemesan hanya dalam jangkauan radius 50 KM dari lokasi CDMC. Misalnya, untuk CDMC Tambakaji bisa melayani sampai Kabupaten Kendal, Grobogan dan Demak. “Kami kerjasama dengan J&T untuk pengiriman. Paling lambat empat hari barang pesanan sudah sampai,” katanya.

Sri mengatakan, saat ini jenis pembayaran masih harus terlebih dahulu atau langsung, kemudian barang baru dikirim. “Kita belum bisa cara pembayaran COD, tapi harus BOD, ” ujarnya.

Kehadiran iPangananDotCom menjadi alternatif bagi keluarga, khususnya emak-emak yang engga ke luar rumah. Apalagi dalam kondisi pandemi yang kembali naik.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6