Jika Rusia Tiba-tiba Menyerang, Finlandia Siap Berperang

Jika sewaktu-waktu Rusia melancarkan serangan seperti di Ukraina, Panglima Angkatan Bersenjata Finlandia, Jenderal Timo Kivinen, menegaskan negaranya telah siap berperang.

Finlandia disebut telah mempersiapkan diri dengan membangun berbagai persenjataan substansial selama beberapa dekade terakhir.

“Kami telah secara sistematis mengembangkan pertahanan militer kami, tepat untuk jenis peperangan yang sedang dilancarkan di sana (di Ukraina), dengan penggunaan besar-besaran senjata, kendaraan lapis baja, dan juga angkatan udara,” kata Kivinen dikutip dari Reuters.

Beberapa waktu terakhir, Finlandia meningkatkan kesiagaan militernya setelah Rusia memulai invasi ke Ukraina. Negara tersebut khawatir Rusia akan melakukan hal yang sama ke wilayahnya, mengingat Finlandia dan Rusia berbagi perbatasan darat hingga 1.300 kilometer.

Negara berpenduduk 5,5 juta orang ini memiliki tentara sebanyak 280 ribu personel, dengan 870 ribu tentara cadangan.

Finlandia telah membangun salah satu persenjataan artileri terkuat di Eropa dan memiliki rudal jelajah dengan jangkauan hingga 370 kilometer. Negara tersebut menghabiskan 2 persen dari PDB-nya untuk pertahanan, lebih tinggi dari rata-rata negara anggota NATO.

Dalam rangka memperkuat angkatan laut, Finlandia akan memesan empat kapal perang baru. Sedangkan, untuk memperkuat kekuatannya di udara, perusahaan raksasa militer AS, Lockheed Martin, dipercaya untuk memasok 64 jet tempur F-35 bagi militer Finlandia.

Bukan hanya itu, Finlandia juga berencana memesan hingga 2 ribu drone dan membangun penghalang di perbatasannya dengan Rusia, dilansir dari The Guardian.

Kivinen mengklaim, warga Finlandia memiliki motivasi yang tinggi untuk ikut berperang membela negaranya melawan Rusia. Menurutnya, faktor ini tidak kalah penting dalam perang dan ketahanan Ukraina melawan Rusia, dinilainya merupakan hasil dari kegigihan rakyatnya.

Kivinen yakin, dengan semangat yang sama, Finlandia akan mampu bertahan menghadapi Rusia seperti Ukraina.

BACA JUGA  Thomas Tuchel Buka Suara Setelah Final Liga Champions Batal Digelar di Rusia

“Ukraina telah menjadi gigitan yang sulit untuk dikunyah Rusia dan begitu juga Finlandia”,  kata dia.

Menurut Survei yang dilaksanakan Kementerian Pertahanan Finlandia pada 18 Mei, 82 persen dari responden bersedia untuk ikut berperang jika Finlandia diserang.

rusia
Perang Musim Dingin antara Finlandia dan Uni Soviet berlangsung selama tiga bulan antara tahun 1939 dan 1940. Photo: Wikimedia Commons

Finlandia telah resmi meninggalkan status netralnya dan mengajukan keanggotaan NATO. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jaminan keamanan negara tersebut.

Jika aplikasi keanggotaannya diterima, maka Finlandia akan memperoleh jaminan keamanan dari sesama negara anggota NATO. Finlandia juga dapat memperkuat wilayah udaranya dengan bantuan aliansi NATO.

Kivinen juga menyampaikan dukungannya terhadap keputusan pemerintah Finlandia tersebut. Namun, ia menegaskan, Finlandia tidak akan terlalu bergantung dengan NATO. Menurutnya, tanggung jawab utama pertahanannya akan tetap dipikul sendiri oleh negara tersebut.

Namun, usaha Finlandia untuk memperoleh keanggotaan NATO dinilai tak akan berjalan mulus. Pasalnya, Turki menyampaikan penolakannya terhadap rencana bergabungnya Finlandia dan Swedia dengan NATO. Turki menuduh kedua negara tersebut mendukung kelompok Kurdi yang dianggapnya teroris.

Perlu diingat, untuk bergabung dengan NATO, Finlandia memerlukan persetujuan dari semua anggotanya, termasuk Turki.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

3 Ruko dan 2 Motor Ludes Terbakar di Jalan Setia Budi Pekanbaru

Sebanyak tiga unit ruko 3 lantai dan 2 speda motor di Jalan Setia Budi, Kelurahan Rintis, Kecamatan Lomapuluh, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, ludes terbakar. Peristiwa...

Hukum

Modus Pengobatan, Perempuan Tunanetra di Pasuruan Diperkosa

YA (52) tahun, warga Kecamatan Wonorejo diamankan dan diarak warga Desa/Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. YA diduga melakukan pemerkosaan terhadap perempuan tunanetra berusia 35 tahun. Dugaan...