Jaksa Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi Perjalanan Dinas Bagian Umum Setda Kepulauan Tanimbar

Sejumlah Kasus Korupsi di Kepulauan Tanimbar, satu persatu mulai terkuak dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Semenjak pemeriksaan kasus korupsi dilakukan baik dari pihak penyidik Polres, Polda, Kejaksaan Negeri Saumlaki dan Kejaksaan tinggi Maluku.

Pemeriksaan sejumlah kasus dugaan korupsi di kepulauan tanimbar oleh penyidik Polres, Kejari Saumlaki dan Polda Maluku serta Kejati Maluku kini ditetapkan sebagai tersangka oleh tim penyidik.

Kali ini, tindak pidana penyalahgunaan keuangan Negara dalam penggunaan anggaran perjalanan dinas bagian umum setda Kepulauan Tanimbar akhinya masuk penetapan tersangka Oleh Kepala Kejaksaaan Negeri Kepulauan Tanimbar Gunawan Sumarsono.

Dalam Konfrensi Pers yang dilakukan 22/06/2022, Kejari Saumlaki Gunawan Sumarsono mengatakan, Penetapan tersangka kasus dugaan penyalahgunaan Keuangan Negara dalam penggunaan Anggaran Perjalanan Dinas Pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar TA 2022.

“Pada hari ini, Rabu tanggal 22 Juni 2022 pukul 13.00 WIT bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Saumlaki Kepulauan Tanimbar telah kami laksanakan Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Penyalahgunaan Keuangan Negara dalam Penggunaan Anggaran Perjalanan Dinas Pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar TA 2022, dua orang tersangka berinisial EAO dan DB dengan nilai Kerugian Keuangan Negara sementara berjumlah kurang lebih Rp. 371.503.200,00 (Tiga ratus tujuh puluh satu juta lima ratus tiga ribu dua ratus rupiah),” Terang Kejari.

Korupsi

Lebih jauh kata Kejari, Penetapan Tersangka EAO dan DB adalah sebagai kelanjutan dari tindakan penyidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Terhadap perkara ini, berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar Nomor PRINT-01/Q.1.13/Fd.2/01/2022 Tanggal 17 Januari 2022 dan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar Nomor PRINT-02/Q.1.13/Fd.2/02/2022 tanggal 07 Februari 2022 dimana dari hasil penyidikan tersebut telah diperoleh bukti permulaan yang cukup untuk melakukan penetapan tersangka. Ujar Kejari

BACA JUGA  Jambret Tas Warga Usai Belanja, 2 Pelaku di Bandar Lampung Ditangkap

Diketahui EAO ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Nomor B-843/Q.1.13/Fd.2/06/2022 tanggal 22 Juni 2022, DB ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Nomor B-844/Q.1.13/Fd.2/06/2022 tanggal 22 Juni 2022.

Hasil evaluasi dan monitoring Tim Supervisi, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku telah memerintahkan seluruh Kejaksaan Negeri se-wilayah Maluku untuk segera melakukan pengumpulan informasi dan bahan keterangan terkait adanya modus operandi Tindak Pidana Korupsi Biaya Perjalanan Dinas sebagaimana yang telah berhasil diungkap ole Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Ada dugaan bahwa soal perjalanan dinas fiktif ini menggunakan modus operandi yang sama, berdasarkan hal itu maka Kejaksaaan se Maluku paling kurang 11 Juli sudah masukan data yang di dapat.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Geger! Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Warga di Tepi Sungai Somber, Balikpapan

Warga kawasan Somber, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dibuat geger dengan ditemukannya mayat pria tanpa identitas dengan posisi terlungkup di tepi sungai...

Hukum

Duo Sheffield United Didakwa Karena Melakukan Penyerangan

Duo Sheffield United Rhian Brewster dan Oli McBurnie didakwa melakukan penyerangan oleh Polisi Nottinghamshire pada hari Kamis menyusul melakukan kekacauan yang merusak semifinal playoff...