Inilah Lowongan Kerja untuk 2 Klaster di Ibu Kota Negara Baru dengan Gaji Besar

Daftar lowongan kerja di Ibu Kota Baru kini sudah mulai dirilis. Lowongan kerja diprediksi bakal bertaburan di Kalimantan Timur yang merupakan Ibu Kota Negara Nusantara kini berpotensi menjadi sumber perekonomian baru.

Sesuai dengan Undang-undang No 3 Th 2022 tentang Ibu Kota Negara, klaster ekonomi yang dikembangkan berguna untuk mendorong terbukanya lowongan kerja serta meningkatkan penghasilan penduduk lokal.

Setidaknya terdapat enam klaster yang nantinya akan dikembangkan, yakni teknologi bersih, ekowisata, farmasi, pertanian, kimia & energi rendah karbon.

Dari beberapa klaster tersebut, ada dua klaster yang melekat dengan warga lokal serta mempunyai partisipasi cukup tinggi yaitu (1) klaster ekowisata dan (2) pariwisata kesehatan/kebugaran. Melansir dari berbagai sumber, adapun daftar lowongan kerja di bu Kota dari pengembangan klaster tersebut yaitu seperti berikut ini.

  1. Pengusaha & pemandu wisata serta jagawana, pemandu satwa liar, dan ekowisata komunitas budaya;
  2. Perajin, pengusaha & pekerja toko cendera mata, serta penyelenggara lokakarya kerajinan tangan;
  3. Pengusaha & pegawai di pusat kesehatan/kebugaran, klinik kecantikan, spa lokal, dan penyembuhan tradisional;
  4. Pengusaha, manajer, serta pegawai bidang akomodasi & kuliner;
  5. Pengusaha & pegawai agro-ekowisata, pasar pertanian, dan koperasi pertanian;
  6. Pengusaha & pekerja ritel, seni & hiburan, serta makanan & minuman

Sedangkan klaster yang kedua yaitu klaster industri pertanian berkelanjutan, khususnya untuk ekstrak tanaman maupun produk herbal.

Klaster tersebut bertujuan meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian, yang mana dihasilkan oleh penduduk lokal maupun membuka lowongan kerja dari proses hilirisasi pengolahan komoditas pertanian.

Adapun daftar lowongan kerja di Ibu Kota Baru dari pengembangan klaster ini yaitu untuk ekstrak tanaman yang meliputi:

  1. Petani tanaman sumber ekstrak;
  2. Pekerja tanam, panen, serta pengeringan dan produksi;
  3. Pengumpul hasil dari alam liar;
  4. 4. Pengusaha, manajer, serta pekerja manufaktur untuk produk pertanian tradisional;
  5. Pedagang besar & kecil;
  6. Pengusaha serta pekerja pengemasan & pemasaran;

Itulah daftar lowongan kerja di Ibu Kota Baru yang menarik untuk diketahui, terutama bagi yang sedang membutuhkan pekerjaan.

BACA JUGA  Lowongan Kerja di Lion Air untuk Lulusan D3 dan S1

Namun, para pekerja harus bisa memahami konsekuensi bahwa mencari pekerjaan di Ibu Kota Baru sama artinya dengan pindah ke ibu kota baru.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Perkampungan di Malang Diserang Ratusan Kawanan Monyet Liar

Pemukiman warga Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang dihebohkan dengan masuknya ratusan monyet liar ke rumah-rumah warga. Diketahui habitat monyet-monyet ini sebelumnya berada di...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Aksi Pelemparan Bus Terjadi di Aceh Tamiang Meresahkan Warga

Aksi pelemparan angkutan umum jenis bus yang marak terjadi saat melintas di Jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam sepekan terakhir, sudah...

Hukum

Polisi Tangkap Pencuri Motor Ninja di Agam

Kasus pencurian sepeda motor kembali terjadi, Dua pencuri sepeda motor berhasil ditangkap oleh Jajaran Satreskrim Polres Bukittinggi. Kasatreskrim Polres Bukittinggi AKP Ardiansyah Rolindo mengatakan, ke...