Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau minuman tertentu.

Punya bau badan yang tidak sedap tentu bikin malu dan menurunkan kepercayaan diri dan banyak cara untuk mengatasinya. Bau tidak sedap ini umumnya berasal dari keringat yang bercampur dengan bakteri.

Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya bau badan. Mulai dari pola makan, jarang mandi, kebiasaan merokok, sampai kondisi medis tertentu. Sebenarnya, tidak sulit untuk mengatasi bau badan, asalkan kamu tahu asal usul penyebabnya.

Tips Menghilangkan Bau Badan

Jika kamu sedang menghadapi kondisi ini, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau badan:

  1. Jaga kebersihan diri

Pada dasarnya, keringat yang mengalir di tubuh kamu tidak menghasilkan bau. Ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang cukup menyengat. Oleh sebab itu, pastikan kamu mandi setidaknya sekali sehari untuk menghilangkan keringat dan menyingkirkan bakteri yang menempel di kulit.

  1. Gunakan sabun anti bakteri

Gunakan sabun batang anti bakteri untuk membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa menggunakan sabun anti bakteri ini setiap kali mandi.

  1. Keringkan secara menyeluruh

Setelah mandi, keringkan diri secara menyeluruh. Jangan lupa perhatikan area tubuh yang sering berkeringat. Tubuh yang kering akan menyulitkan bakteri penyebab bau tak sedap untuk berkembang biak.

  1. Gunakan antiperspiran

Setelah bersih dan kering, gunakan produk antiperspiran untuk ketiak. Produk ini mengandung alumunium klorida; bahan kimia yang membantu menjaga keringat. Gunakan dua kali sehari pada  pagi dan malam hari.

  1. Jaga pakaian tetap bersih
BACA JUGA  Hati-Hati! 5 Bahaya Konsumsi Nasi yang Dipanaskan Berulang

Sering-seringlah mengganti pakaian saat sedang berkeringat banyak. Pakaian baru membantu mengurangi timbulnya bau tak sedap. Pastikan juga untuk mengganti kaus kaki, terutama jika kamu cenderung memiliki bau kaki.

  1. Kurangi makanan atau minuman tertentu

Percaya atau tidak, apa yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi bau badan. Cabai dan makanan berlemak misalnya, jenis makanan ini cenderung memicu bau tak sedap. Aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih pun juga bisa terbawa ke dalam keringat yang kamu hasilkan.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Ada banyak cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang bisa dicoba. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Adakah cara mengencangkan kulit wajah secara alami?...

Peristiwa

NASA Ambil Tindakan Darurat Terhadap ISS

Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA terpaksa mengambil tindakan darurat terhadap Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk dapat menghindari puing-puing luar angkasa yang menujuke...

Hukum

Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia di Kalbar Berhasil Menggagalkan 43 PMI Ilegal

Penyelundupan 43 orang pekerja imigran ilegal terjadi lagi di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam kasus ini ada tujuh balita yang termasuk dengan...