Catat! Ini 9 Life Hack Mahasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Hidup sebagai mahasiswa memang terkadang penuh dengan lika-liku yang nggak terbayangkan sebelumnya. Jika mungkin pada SMA dulu kita menganggap bahwa dunia anak kuliahan adalah dunia yang lebih bebas dan lebih enak, tapi sekarang setelah duduk di bangku mahasiswa malah menganggap sebaliknya. Wajar kok, apalagi kalau udah ketemu dengan yang namanya dosen killer, tugas nggak manusiawi, dan berbagai cobaan lainnya. Untuk menghadapinya, kamu perlu life hack yang cocok dengan kehidupanmu.

Nah, jika kamu sedang menempuh studi di universitas? Ada baiknya untuk membaca life hacks berikut sebelum kamu pergi ke kampus. Persenjatai diri kamu dengan life hacks berikut ini agar pengalaman kuliah kamu lebih menyenangkan.

  1. Catat Menggunakan Warna yang Bervariasi

Mungkin kesannya akan lebay, tetapi penelitian membuktikan bahwa memakai bolpoin dengan warna yang bervariasi akan memberi pengaruh positif pada daya ingat otak, merangsang otak untuk mudah memahami materi dan mengingatnya. Dengan bolpoin variasi warna kamu dapat membuat catatan dengan memberi warna yang berbeda pada setiap bagian dan hal ini akan membuat kamu sangat mudah untuk memahami isi dari catatan kamu.

2. Mencari yang Relavan dengan Materi di Kelas

Jika kamu kebingungan saat dosen menjelaskan materi, kamu harus coba pelajari materi sebelum dosen menjelaskan. Cari slide ppt, buku, atau pdf yang berisi penjelasan materi yang relavan dengan materi dosen dikampus. Jika kamu melakukan hal tersebut maka kamu akan sangat mudah memahami materi di kampus bahkan kamu akan sangat mudah menebak apa yang akan dosen katakan.

3. Membersihkan Keyboard dengan Kertas Catatan Post-it

ilustrasi key board (freepik)

Sebagai mahasiswa tidak akan terlepas dari barang elektronik laptop. Bahkan laptop menjadi teman bagi mahasiswa. Pada saat kamu menggunakan laptop lalu ada kotoran makanan jatuh pada bidang keyboard maka kamu bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan kertas catatan post-it kamu. Caranya cukup mudah bentuk kertas kamu sedimikian rupa sehingga terbentuk rongga dan dapat menyelip di sela-sela keyboard. Kertas post-it yang lengket akan dengan memudahkan kotoran untuk menempel.

4. Menata Pakaian Secara Vertikal

Stop menata pakaian kamu secara horizontal di lemari. Tatalah pakaian kamu secara vertical karena akan memudahkan kamu untuk melihat, memilih, dan mengambil pakaian tanpa berantakan.

 

5. Belajar Efektif dengan Podomoro Timer

ilustrasi mahasiswa yang sedang belajar (freepik)

Untuk menambah kesuksesan kamu dalam belajar, metode Podomoro timer akan membantumu. Metode ini adalah metode memanajemen waktu dimana kamu hanya diberi waktu 25 menit dalam melakukan suatu hal seperti belajar. Hal ini berfungsi untuk mencegah ditraksi oleh hal lain dan mencegah kebosanan.

6. Life Hack Menaruh Handphone didalam Gelas

 

Dengan menaruh handphone di dalam gelas akan membuat suara dari handphone menjadi lebih keras. Hal ini akan membantu kamu untuk memperbesar suara alarm. Jadi, kamu tidak perlu kuatir jika ingin bangun pagi karena suara alarm akan menajdi lebih keras.

7. Simpan File Secara Otomatis di Google Drive

Hal-hal yang kita takutkan seperti kehilangan data atau dokumen tugas kuliah bisa saja terjadi. Untuk menghindarinya, kita perlu melakukan back up data secara online lewat Google Drive. Cara gampangnya, kamu bisa unduh aplikasi Google Drive dan lakukan instalasinya terlebih dahulu. Setelah itu, akan muncul folder tersendiri dengan nama Google Drive di PC. Kamu bisa mmenyimpan folder dan file penting di folder tersebut, maka sistem akan secara otomatis menyimpannya di Google Drive. Jangan lupa siapkan akses internet agar data dapat tersimpan otomatis ya.

8. Cara Ampuh Memperbaiki Koneksi WiFi yang Mati

Seringkali tiba-tiba koneksinya mati dan muncul tanda seru pada bagian logo WiFi saat lagi sibuk-sibuknya mengerjakan tugas? Caranya, kamu bisa klik “Windows+R” lalu open “services.msc”. Kemudian cari DHCP Client dan DNS Client. Lalu, klik kanan dan restart satu per satu untuk memperbaiki koneksi WiFi yang mati.

9. Menyusun Daftar Pustaka Secara Otomatis

Kamu bisa banget bikin daftar pustaka secara mudah dan otomatis. Caranya, buka dokumen tugas kamu, lalu cari kutipan yang ingin dibuat daftar pustakanya. Setelah itu, arahkan kursos pada bagian akhir kalimat kutipan tersebut. Buka menu “References”, lalu klik “Insert Citation” dan “Add New Source”. Kemudian, nanti akan muncul isian untuk mengisi informasi sumber kutipan. Isi informasi sumbernya. Lalu, arahkan kursos ke halaman Daftar Pustaka di dokumen tugas kamu. Pada menu “References” klik “Bibliography” dan pilih “Insert Bibliography”. Informasi sumber kutipan yang sudah diisi akan otomatis muncul di halaman Daftar Pustaka tersebut.

Nah, itulah dia life hack buat kamu mahasiswa yang wajib banget diketahui. Semoga membantu, ya!

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Tanda Kamu Ditakdirkan Bersama Menjadi Pasangannya

Terkadang, meskipun sudah pacaran sekian tahun beberapa pasangan tidak ditakdirkan bersama. Namun ada juga beberapa orang yang baru saja kenal, sudah memutuskan untuk menikah...

Peristiwa

Mobil Hias Parade Jakarnaval Terbakar di Sirkuit Formula E

Peristiwa kebakaran terjadi, Satu unit mobil hias yang digunakan untuk parade Jakarnaval 2022 terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi di dalam trek Formula E atau Jakarta...

Hukum

SMP di Banten Disatroni Maling, Komputer hingga Printer Raib

Kasus pencurian terjadi di SMPN 5 Cibeber, Lebak, Banten. Sejumlah alat komputer dilaporkan hilang dicuri. Insiden ini baru diketahui pihak sekolah hari Minggu (14/8) sekitar...

Iklan 6