Ini 6 Manfaat Kacang Hazelnut bagi Tubuh

Kacang hazelnut adalah salah satu makanan yang kerap dikonsumsi saat diet dan menyehatkan. Beberapa manfaat dari kacang ini, antara lain meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.

Kacang Hazelnut adalah makanan dengan rasa yang manis dan renyah, serta biasa dimanfaatkan saat seseorang sedang diet. Makanan sehat ini dapat dikonsumsi secara mentah, dipanggang, atau bahkan diolah menjadi pasta.

Kacang ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam makanan saat diet karena kalorinya rendah. Selain itu, ada banyak juga manfaat yang ditawarkan saat mengonsumsi makanan diet ini secara rutin.

Berbagai Manfaat Kacang Hazelnut untuk Tubuh

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang hazelnut kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Nutrisi ini telah terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kacang ini juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Hal ini sangat baik dalam menurunkan hipertensi. Dengan begitu, kolesterol dan peradangan berkurang yang membuat jantung tetap sehat.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Hazelnut mengandung mangan superoksida dismutase, salah satu enzim antioksidan. Kandungan ini dapat membantu dalam mengurangi stres oksidatif, serta menurunkan risiko terkena kanker.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya dapat membantu dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan penyebab kanker.

Juga, hazelnut kaya akan kandungan proanthocyanidins, senyawa kimia yang membantu dalam mengurangi risiko kanker. Bahkan pada beberapa penelitian, kandungan ini dapat mencegah hingga mengobati jenis kanker pada hewan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kacang ini merupakan sumber serat yang baik, sehingga pencernaan jadi lebih sehat. Beberapa manfaat terkait pencernaan, yaitu mendorong buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit.

Hal ini karena hazelnut kaya akan kandungan serat. Pada 28 gram kacang-kacangan ini, terkandung sekitar 2,7 gram serat makanan. Hal ini dapat mencukupi sebagian kebutuhan harian yang per harinya sebesar 25-30 gram.

  1. Menurunkan Berat Badan

Suatu penelitian menyebut jika seseorang yang mengonsumsi kacang, risiko alami obesitasnya lebih rendah karena manfaat penurunan berat badan. Seseorang yang lebih banyak makan kacang cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan dibandingkan yang tidak. Maka dari itu, cobalah untuk makan kacang secara rutin.

  1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Kacang hazelnut juga disebut-sebut mampu membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Disebutkan jika peningkatan sensitivitas pada insulin sangat baik dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  1. Mengurangi Peradangan

Manfaat lainnya dari mengonsumsi kacang hazelnut adalah mampu membantu tubuh dalam meredakan peradangan. Sebuah penelitian menyebut jika seseorang yang mengonsumsi kacang ini, tanda-tanda peradangan dalam tubuh terlihat berkurang. Namun, penelitian lanjutan masih harus terus dilakukan untuk memastikannya.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kacang hazelnut secara rutin bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memasukkan makanan ini ke menu diet, agar mendukung keberhasilannya dan juga mendapatkan segala manfaat kesehatan yang telah disebutkan.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6