Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Gak Boros!

Melihat dari berbagai kebutuhan yang dimiliki setiap keluarga, melakukan perencanaan keuangan dalam rumah tangga dapat memudahkan kita untuk mencapai tujuan finansial tanpa memberikan risiko yang besar terhadap tujuan lainnya.

Perencanaan keuangan juga dapat dijadikan sebagai metode yang efektif dan efisien untuk mempermudah kita mencapai tujuan finansial yang diharapkan.

Mengatur keperluan rumah tangga, memang biasanya merupakan tanggung jawab sentral seorang perempuan ketika sudah menikah. Namun, pada kesempatan ini, Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id sebagai salah satu marketplace insurance terdepan di tanah air, membagikan beberapa tips perencanaan keuangan untuk rumah tangga yang dapat menjadi pertimbangan:

Catat arus keluar masuk keuangan.

Dalam menjaga keuangan rumah tangga, tentunya hal yang paling penting untuk dilakukan ialah mencatat keuangan secara rapi. Mencatatkan rincian setiap pemasukan dan pengeluaran dilakukan agar tetap menjaga pengeluaran yang semakin terkontrol. Tentunya, melakukan pencatatan keuangan pun juga turut dikomunikasikan bersama pasangan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Masukkan dalam amplop harian

Memisahkan dana untuk kebutuhan harian atau kebutuhan rumah tangga menjadi tips lain yang harus diaplikasikan agar pengeluaran rumah tangga tetap mengikuti perencanaan awal.

Kebutuhan belanja bulanan, biaya sekolah, hingga dana darurat dan investasi perlu dipisahkan atau dibagi ke tempat-tempat yang berbeda. Dengan melakukan langkah ini kita dapat mengukur kebutuhan mana yang belum mencapai target, serta menghindari adanya pengeluaran lain yang tidak sesuai perencanaan.

Minimalisir penggunaan kartu kredit

Kemudahan dan promosi yang ditawarkan memang menjadi daya tarik terhadap pengguna kartu kredit. Namun sayangnya, penggunaan kartu kredit yang berlebihan akan memberikan efek yang serius pada perencanaan keuangan rumah tangga.

Dalam penggunaan kartu kredit, alangkah lebih baik apabila memilih produk dengan penawaran cicilan sebesar 0%. Atau  setidaknya, tidak melebihi 30% dari dana kartu kredit setiap bulannya. Namun memang lebih baik untuk belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan rumah tangga saja.

BACA JUGA  Ekspor Batu Bara dilonggarkan Usai Jepang dan Korsel Protes

Buru barang diskon

Berburu barang diskon menjadi cara bijak berhemat. Namun, meski sudah dianggap hemat, dalam membeli produk diskon perlu memperhatikan perbandingan harga produk yang ingin kamu beli di tempat lain. Kamu juga harus melihat kondisi produk, dan alasan untuk membeli produk itu. Jangan sampai dengan penawaran diskon membuat kamu melakukan sebuah pembelian yang tidak terencana dan mengakibatkan budget keuangan rumah tangga kamu terkena imbasnya.

Miliki proteksi

Hal lain yang akan membantu kamu untuk menjaga agar perencanaan finansial rumah tangga kamu tidak terganggu adalah memastikan proteksi asuransi kesehatan atau jiwa untuk kamu dan keluarga, serta proteksi untuk kendaraan.

Dengan menyisihkan sejumlah anggaran guna memiliki proteksi asuransi, kita akan terhindar dan meminimalisir pengeluaran yang tidak terencana terhadap kemungkinan risiko yang dapat terjadi.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan pilihan proteksi asuransi beragam dan sesuai dengan kebutuhan, Lifepal.co.id telah terbukti menjadi salah satu marketplace asuransi all-in-one yang mendukung literasi asuransi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya tips diatas dapat menjadi pertimbangan bagi setiap pasangan dalam mengatur anggaran rumah tangga demi menghindari risiko pengeluaran anggaran diluar perencanaan dengan melindungi keluarga melalui berbagai pilihan asuransi yang ada.” tutup Benny.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3