Ini 4 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Bibir kering adalah masalah yang memang rentan terjadi pada semua orang. Untuk mengatasi bibi kering oleskan minyak kelapa atau lidah buaya.

Penting untuk tahu cara mengatasi bibir kering secara alami agar kembali lembap. Bibir kering adalah masalah yang kerap terjadi saat musim panas. Kondisi ini tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman, terlebih saat berbicara dengan orang yang disukai.

Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami dan Efektif

Bibir kering atau pecah-pecah disebut juga dengan cheilitis. Masalah ini memang umum terjadi dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Perlu diketahui jika kulit di bibir jauh lebih tipis dan lebih halus dibandingkan bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, rentan untuk alami kekeringan yang akhirnya kering dan pecah-pecah.

Bibir dapat kekeringan akibat kekurangan kelenjar minyak, sehingga kelembapannya menurun. Untuk mengatasi masalah ini, ada lho berbagai macam pengobatan rumahan yang dapat membuat bibir kembali sehat seperti sebelumnya. Nah, berikut beberapa cara mengatasi bibir kering secara alami yang bisa dilakukan:

  1. Minyak Kelapa

Salah satu cara mengatasi bibir kering adalah dengan mengoleskan minyak kelapa. Cairan ini termasuk dalam emolien yang mampu melembapkan kulit dan juga melindungi kulit dengan cara meningkatkan fungsi perlindungannya. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang baik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Dengan mengoleskan cairan ini, diharapkan kelembapan bibir kembali seperti semula.

  1. Lidah Buaya

Pengaplikasian lidah buaya di bibir juga sangat baik sebagai cara mengatasi bibir kering. Hal ini karena sifat anti-inflamasi dan efek yang menenangkan sangat efektif untuk menjaga bibir agar tetap lembap. Kamu bisa menggunakan daun lidah buaya dan mengambil gel yang ada untuk dioleskan ke bibir. Selain itu, penggunaan produk dengan kandungan lidah buaya juga bisa digunakan agar masalah pada bibir tersebut bisa teratasi.

  1. Madu
BACA JUGA  Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk juga untuk bibir. Cara mengatasi bibir kering dengan madu adalah dengan mengoleskannya pada bibir. Madu dapat membantu untuk melembapkan bibir dan melindungi bibir dari infeksi. Cairan ini juga dapat membantu untuk menghilangkan kulit yang kering dan mati dari bibir. Selain itu, sifat antimikroba, anti-inflamasi, serta penyembuhan luka dari madu memang sangat baik untuk kesehatan bibir.

  1. Petroleum Jelly

Petroleum jelly adalah salah satu bahan utama pada banyak lip balm yang kerap diaplikasikan di bibir agar tetap lembap. Nah, cara mengatasi bibir kering ini memang mampu mengunci kelembapan, sehingga bibir tidak mudah kering. Meski begitu, sifat oklusif dari jeli ini hanya dapat melindungi bibir dari kehilangan kelembapan, bukan memberikannya. Penting juga untuk berhati-hati dalam menggunakan petroleum jelly karena dapat menimbulkan reaksi alergi.

Nah, itulah beberapa cara atasi bibir kering secara alami dan efektif yang bisa dilakukan. Aplikasikan berbagai cara yang telah disebutkan, dengan begitu kesehatan bibir tetap terjaga dengan baik. Sebelum bibir kering atau pecah-pecah, ada baiknya untuk mengaplikasikan lip balm secara teratur, terutama jika memiliki risiko yang tinggi terhadap masalah tersebut.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter pada aplikasi Halodoc untuk bertanya tentang cara mengatasi bibir kering secara efektif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Seorang Bule Pingsan di Kolam Renang dan Berujung Meninggal di Karangasem

Pria bule asal Belanda bernama Eddy Van Den Brand (63) meninggal dunia di sebuah villa tempat ia menginap di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten...

Hukum

Bejat! Remaja di Padang Cabuli Adik Sepupu Umur 10 Tahun

Seorang remaja yang berinisial YPY (18) tahun ditangkap Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang karena diduga melakukan pencabulan terhadap anak bawah umur. Korban tidak lain...

Iklan3