Indonesia Tak Punya Alasan Kuat untuk Keluar dari AFF

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan Indonesia akan tetap menjadi anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Keputusan Indonesia akan tetap menjadi bagian dari AFF sudah dikeluarkan induk sepak bola Asia Tenggara itu. Surat resmi sudah diterima oleh pihak PSSI.

“Kita tetap di AFF karena memang kita berada kawasan Asia Tenggara,” kata Iriawan usai menyaksikan pertandingan Piala AFF timnas Indonesia U-16 di Stadion Maguwoharjo, pada Sabtu, 6 Agustus malam.

Wacana PSSI ingin pindah organisasi ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) sempat rampai.

Diskursus itu mencuat lantaran induk sepak bola nasional ini kecewa dengan laga antara Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19 2022 pada Juli lalu.

Ketika itu, PSSI menganggap Vietnam dan Thailand ‘main mata’ tidak mencari pemenang laga. Kedua tim menutup pertandingan tersebut dengan skor sama kuat, 1-1.

Hasil ini membuat timnas Indonesia U-19 tidak bisa melaju ke babak semifinal AFF U-19 karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand. Padahal, kans Indonesia saat itu cukup besar.

Kekecewaan itu membuat PSSI pun mengirim keberatan ke AFF. Nota protes itu kemudian dibahas dan diselidiki, tetapi tidak ada penemuan kejanggalan dari pertandingan itu.

“Balasan dari AFF kami terima karena putusan di mereka karena sesuai komisi disiplin (Komdis). Dari pihak AFC juga ada di situ dan dianggap permainan tak ada masalah,” ujar Iriawan.

Indonesia sendiri memegang peranan penting di AFF sebagai salah satu dari lima negara pendiri federasi itu di tahun 1984. Empat negara lainnya adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Bocah 11 Tahun Ditinggal Orangtuanya Meninggal Terinjak

Pasangan suami istri (pasutri) bernama M Yulianto (40) dan Devi Ratna Sari (30) meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jenazah keduanya dimakamkan dalam...

Hukum

Diretas, Twitter Polsek Srandakan Cuit Tak Pantas soal Tragedi Kanjuruhan

Komentar tak pantas atau nirempati dari akun Twitter Polsek Srandakan, Kabupaten Bantul, terkait tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, viral di media sosial. Akun Twitter...

Iklan3