Indonesia Finis 3 Besar SEA Games 2021, Menpora: Sesuai Harapan Presiden

Kontingen Indonesia dipastikan finis tiga besar SEA Games 2021. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali senang karena target Presiden Joko Widodo terpenuhi.

Menyusul raihan emas dari cabor basket putra, Minggu (22/5/2022) sore WIB, Indonesia memantapkan posisi di urutan ketiga dengan 69 emas. 92 perak, dan 81 perunggu. Total ada 242 medali diraih seluruh atlet Indonesia.

Sementara, Vietnam dipastikan jadi juara umum dengan 206 medali emas, 123 perak, dan 111 perunggu. Disusul Thailand di posisi kedua dengan 92 emas, 101 perak, dan 134 perunggu.

Memang ada beberapa cabor yang meleset dari perkiraan sebelumnya, namun harapan Jokowi melihat skuat Merah-Putih finis tiga besar SEA Games 2021 terpenuhi. Ini jadi bukti Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) besutan Menpora Amali berjalan lancar.

Oleh karenanya, Amali bersyukur sekaligus berterimakasih kepada seluruh atlet, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait.

“Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi Alhamdulillah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar,” ujar Amali saat bertemu Media di Hotel Intercontinental, Minggu (22/5) malam.

Ke depannya, Amali menegaskan sistem serupa akan dipakai pemerintah untuk keberangkatan atlet ke event internasional, bahkan lebih ketat lagi. Sebab cara saat ini belum terbukti efektif 100 persen dan tantangan yang ada semakin sulit.

“Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia,” sambungnya.

BACA JUGA  Nasser Al-Khelaifi: Zidane tidak akan Melatih PSG

Amali meyakini perubahan paradigma baru olahraga harus dijalankan secara konsisten. Dengan demikian, target Indonesia Emas 2045, dengan salah satunya finis lima besar di Olimpiade 2044 bisa tercapai.

“Saya yakin kita bisa menembus 5 besar dunia, jika kita konsisten dengan perubahan paradigma baru olahraga,” tutup Zainudin Amali.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dihari Ulang Tahun Emmeril, Ataliya Praratya Posting Video Perjalanan Hidup Sang Putra

Tepat pada hari ini, Sabtu (25/6), mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril berulang tahun yang ke-23. Tentunya ini menjadi yang pertama...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Loncat dari Jembatan, Gadis 19 Tahun Ditemukan Mengapung dan Ternyata Masih Bernafas

Seorang gadis 19 Tahun ditemukan warga mengambang dalam kondisi pingsan. Diduga gadis tersebut mengapung di sungai setelah meloncat dari jembatan di Kecamatan Turikale, Kabupaten...

Hukum

4 Karyawan Pertamina Mangkir, KPK Usut Dugaan Korupsi Pembelian LNG

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan, Ali Fikri mengatakan, empat karyawan PT Pertamina tidak hadir saat dibutuhkan keterangannya soal...