Indonesia 3 Kali Lebih Tangguh Hadapi Pandemi

Global Fund telah mendukung 17 laboratorium di 13 provinsi selama 2022. Bantuan tersebut mempertangguh Indonesia menghadapi pandemi di masa depan.

“Upaya kolaborasi ini telah meningkatkan kapasitas negara setidaknya tiga kali lebih tinggi,” kata Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6).

Kunta mengatakan bantuan itu sejalan dengan fokus pemerintah untuk meningkatkan dan mendistribusikan kapasitas nasional sequencing dan analisis data. Sehingga, pemerintah bisa merespons kesehatan masyarakat dengan lebih cepat dan tepat.

“Ini tidak akan mungkin terwujud jika tidak dilakukan melalui kerja sama antara universitas, rumah sakit, dan pemerintah daerah, swasta, dan mitra internasional,” kata dia.

Kunta menyebut Global Fund adalah salah satu mitra internasional yang berkomitmen mendukung Indonesia. Khususnya, untuk memperkuat kapasitas pengawasan genomik nasional.

“Mereka juga membantu menyediakan peralatan laboratorium dan pelatihan untuk petugas laboratorium,” ujar dia.

Kunta menegaskan komitmen pemerintah memanfaatkan teknologi dari Global Fund. Pemanfaatan itu tidak hanya untuk penanganan covid-19.

“Tapi juga seperti tuberkulosis (TB), HIV (human immunodeficiency virus), malaria, dan penyakit lainnya,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Beberapa Hari Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Pulau Laut Kotabaru Tergenang Banjir

Akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir, hal ini membuat sejumlah wilayah di Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tergenang banjir setinggi...

Hukum

Usaha Banding Ditolak , Majikan Adelina Tetap Bebas

Mahkamah Persekutuan Malaysia di Putrajaya, Kamis (23/6), menolak upaya banding jaksa atas putusan pembebasan S Ambika yang didakwa membunuh asisten rumah tangga asal Nusa...