Ilmuwan Temukan Asal-Usul Black Death, Wabah Paling Dahsyat di Dunia

Kuburan di tempat yang sekarang disebut Kirgistan telah memberikan petunjuk tentang awal mula Black Death, wabah paling dahsyat di dunia. Wabah ini diperkirakan telah membunuh setengah dari populasi Eropa pada Abad Pertengahan selama tujuh tahun.

Dilansir dari CNN, sejarawan telah memperdebatkan penyebab pandemi itu selama berabad-abad. Namun, materi genetik dari tubuh yang digali dari dua situs kuburan yang berasal dari abad ke-13. Batu nisan kuburan bertulisan, telah memberikan beberapa jawaban konkret atas pertanyaan ini. Beberapa di antaranya merujuk pada penyakit sampar misterius.

Situs pemakaman awalnya digali pada tahun 1880-an. Pada tahun 2017, sejarawan Phil Slavin, seorang profesor di Universitas Stirling di Skotlandia, dengan berusaha keras memeriksa kembali prasasti batu nisan, yang ditulis dalam bahasa Syria.

Dia menemukan bahwa jumlah yang tidak proporsional dari 467 pemakaman yang diberi tanggal dengan benar – 118 – berasal dari hanya dua tahun, yaitu 1338 dan 1339. Ini adalah informasi yang “menakjubkan”.

“Ketika Anda memiliki satu atau dua tahun dengan kematian berlebih, itu berarti ada sesuatu yang sedang terjadi. Tetapi hal lain yang benar-benar menarik perhatian saya adalah kenyataan bahwa   hanya dalam  tujuh atau delapan tahun sebelum (wabah black death) benar-benar datang ke Eropa,” kata Slavin.

“Saya selalu terpesona dengan Black Death. Dan salah satu impian saya adalah benar-benar dapat memecahkan teka-teki asal-usulnya,” tambahnya.

Sisa-sisa 30 orang yang terkubur di situs kuburan Kirgistan telah dibawa ke Museum Antropologi dan Etnografi Peter Agung di St. Petersburg, Rusia. Tim peneliti dapat memperoleh otorisasi untuk mengumpulkan DNA dari kerangka untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mereka mati.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Sempat Hilang, Sekretaris BPD Karang Dapo Ditemukan Tewas dengan Tubuh Luka Tusuk

Warga Kabupaten OKU, Sumatera Selatan (Sumsel) semakin gempar. Sekretaris BPD Karang Dapo, Kecamatan Peninjauan, M Zaili yang dilaporkan hilang setelah pamit mencari ikan, ditemukan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...