Iklan Samsung Galaxy Tahan Air Ternyata Bohong, Samsung Kena Denda di Australia

Regulator persaingan Australia mengumumkan pada Kamis, 23 Juni,  bahwa pengadilan memerintahkan unit lokal Samsung Electronics   untuk membayar denda  14 juta dolar Australia (Rp 143,4 miliar) untuk sembilan iklan menyesatkan tentang fitur tahan air di beberapa smartphone-nya.

“Samsung Australia mengaku telah menyesatkan pembeli beberapa ponsel ‘Galaxy’ tentang tingkat ketahanan air,” kata Komisi Persaingan & Konsumen Australia (ACCC), seperti dikutip dari Reuters. Regulator pertama kali menggugat perusahaan itu pada Juli 2019.

Samsung Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ini bukan masalah dalam model yang lebih baru dan saat ini.

Regulator mengatakan antara Maret 2016 dan Oktober 2018, perusahaan memasang iklan di dalam toko dan media sosial yang mengklaim ponsel dapat digunakan di kolam renang atau air laut.

ACCC, telah menerima ratusan keluhan dari pengguna yang mengatakan bahwa smartphone tidak berfungsi dengan baik atau bahkan berhenti bekerja sepenuhnya setelah terkena air.

“Klaim tersebut  yang mempromosikan nilai jual yang penting untuk ponsel Galaxy ini. Banyak konsumen yang membeli ponsel Galaxy mungkin telah terpapar iklan yang menyesatkan itu sebelum mereka membuat keputusan untuk membeli ponsel baru,” kata Ketua ACCC, Gina Cass-Gottlieb.

Menurut Samsung Australia, seperti dikutip Reuters, pihaknya dan ACCC telah sepakat bahwa perubahan yang dilakukan perusahaan pada model smartphone yang lebih baru, yang diluncurkan di Australia mulai Maret 2018, tidak menghadapi risiko seperti itu dari paparan air.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Isro akan Luncurkan Misi PSLV-C53 dengan Tiga Penumpang Asal Singapura

Isro akan meluncurkan tiga satelit dari Singapura dalam misi komersial kedua NewSpace India Limited (NSIL). Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (Isro) akan meluncurkan tiga satelit...

Hukum

Suami Tega Bunuh Istri di Simeulue Aceh, Diduga Karena Dendam

Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Simeulue mengamankan seorang pria yang tega menghabisi nyawa istrinya. Tersangka berinisial RS, diduga melakukan pembunuhan terhadap AP (40) warga...