Hendak Transaksi Rp 450 Juta, Pembuat Uang Palsu di Bogor Ditangkap

UM (35), Seorang pria ditangkap karena hendak transaksi menjual uang palsu di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat. Dari tangan pelaku, polisi menyita 4.500 lembar uang pecahan Rp 100 ribu palsu siap edar.

Wakapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan menyampaikan, pelaku ditangkap di parkiran SPBU Jalan Tentara Pelajar. Pelaku ditangkap saat hendak bertransaksi uang palsu dengan seseorang.

“Pada waktu diamankan tersangka akan melakukan transaksi mata uang palsu ditukar dengan uang asli, yang ditukarkan senilai Rp 450 juta. Rencananya akan ditukarkan kepada pembeli senilai Rp 50 juta uang asli,” jelas Ferdy, Senin (5/12).

Untuk pemesan berinisial A berhasil melarikan diri sehingga yang ditangkap hanya pengedar uang palsu. Selanjutnya, polisi melakukan pengembangan dan mendapati barang bukti lainnya di rumah pelaku.

“Didapati barang bukti yang mendukung upaya pelaku dalam mengedarkan uang palsu berupa kertas, printer, dan komputer yang digunakan untuk mencetak uang pecahan Rp 100 uang palsu,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, AKP Rizka Fadhila menuturkan, pelaku menjual uang palsu dengan perbandingan 1:10. Artinya, 10 uang palsu ditukar dengan 1 lembar uang asli.

“Kegiatannya ini mandiri mulai dari proses dia merencanakan, mencetak, dan mengedarkan dengan presentase distribusinya itu adalah 1:10,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 26 Jo Pasal 36 UU RI No 7 2011 tentang mata uang dan Pasal 224 KUHP subsider Pasal 245 KUHP tentang pemalsuan mata uang negara dan uang kertas bank. (Kay)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Klarifikasi Suami Selingkuh dengan Ibu Mertua di Serang Banten

Klarifikasi Suami Selingkuh dengan Ibu Mertua di Serang Banten. Sebuah kisah perselingkuhan viral di TikTok baru-baru ini. Kasus dugaan suami selingkuh dengan ibu mertua ini...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Kembang Api Selalu Jadi Simbol Malam Pergantian Tahun, Berikut Asal Usulnya

Saat ini, kembang api telah menjelma menjadi simbol perayaan di seluruh dunia. Kembang api mengalami perkembangan yang sangat siginifikan, dari zaman Tiongkok kuno hingga...

Peristiwa

Geger! Pria di Jakarta Timur Ditemukan Tewas Tersengat Listrik

AG (55) tahun, Seorang pria dilaporkan tewas tersengat listrik dan terjepit di antara toren air isi ulang di Jalan Permata 2, Kampung Melayu, Jakarta...

Hukum

Bejat! Pria Paruh Baya di Bukittinggi Ditangkap Cabuli Remaja Laki-Laki

IG (46) tahun, Seorang pria paruh baya ditangkap polisi atas dugaan mencabuli anak bawah umur pada Sabtu 28 Januari 2023. Kasat Reksrim Polresta Bukittinggi, AKP...

Iklan3