Harimau Sumatera Dilepasliarkan di TN Kerinci Seblat Gunakan Helikopter

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bersama tim gabungan, kembali melakukan pelepasliaran satu ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) di areal Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Rahmad Saleh, mengatakan, proses pelepasliaran Harimau Sumatera jantan berusia sembilan tahun itu cukup menantang karena dilepaskan di zona inti TNKS yang aksesibilitasnya sulit.

Untuk itu tim gabungan pelepasliaran menggunakan helikopter untuk mengangkut kandang harimau menuju zona inti TNKS,” ujar Kepala BKSDA Jambi dalam keterangan yang diterima InfoPublik pada Rabu (1/6/2022).

Tim gabungan terdiri atas tiga orang dari Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumberdaya Genetik (KKHSG), tiga orang dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS), dan dua orang dari BKSDA Jambi.

Karena kapasitas helikopter sangat terbatas, maka proses penerbangan ke lokasi pelepasliaran satwa dilindungi itu dibagi menjadi tiga.

Penerbangan pertama dilakukan untuk mengangkit 10 orang personel anggota tiim, penerbangan kedua mengangkut Harimau Sumatera, yang dilanjutkan dengan pelepasliaran pada sekitar pukul 13.00 – 13.20 WIB, dan penerbangan ketiga dilakukan untuk mengambil box transport Harimau di lokasi pelepasliaran.

“Kegiatan pelepasliaran sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Lebih lanjut Rahmad menjelaskan, Harimau Sumatera yang dilepasliarkan ini merupakan hasil upaya penyelamatan satwa liar ini dari konflik dengan manusia atau warga di sekitar hutan yang menjadi habitat aslinya.

“Pelepasliaran) Harimau Sumatera dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Marangin, Jambi,” tandas Rahmad, dilansir dari infopublik.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Usaha Banding Ditolak , Majikan Adelina Tetap Bebas

Mahkamah Persekutuan Malaysia di Putrajaya, Kamis (23/6), menolak upaya banding jaksa atas putusan pembebasan S Ambika yang didakwa membunuh asisten rumah tangga asal Nusa...

Hukum

Tawuran Bersenjata di Bogor Viral di Medsos!

Sejumlah pemuda terlibat tawuran bersenjata videonya viral di media sosial. Dinarasikan lokasi kejadian itu berada di sekitar Cibinong, Kabupaten Bogor. Dalam video yang beredar, tampak...