Gubernur Kalteng Sampaikan Langkah Percepatan Penyerapan Anggaran

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran pimpin Rapat Terbatas dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, di Ballroom Hotel Brits Pangkalan Bun, Kamis (2/6/2022).

Dalam arahannya, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan dalam mengupayakan percepatan penyerapan anggaran, perlu dilakukan langkah-langkah strategis melalui identifikasi dan perumusan solusi atas rendahnya penyerapan anggaran. Dengan demikian, penggunaan anggaran menjadi lebih efisien dan efektif sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Sugianto Sabran mengungkapkan, sampai dengan 31 Mei 2022, Pemkab Kotawaringin Barat menempati peringkat kedua terbaik realisasi APBD dari seluruh kabupaten/kota se-Kalteng.

“Saya mengapresiasi hal tersebut, namun untuk mencapai target realisasi anggaran pada triwulan ke-II yang seyogyanya sebesar 50 persen perlu dilakukan langkah-langkah strategis, salah satunya untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa,” ucap gubernur, dilansir dari InfoPublik.id, pada Kamis 2 Juni 2022.

Diharapkan dalam pengelolaan APBD ataupun APBN dapat menghentikan kebiasaan mengebut penyerapan anggaran di akhir tahun, karena dinilai tidak efisien dan menimbulkan berbagai risiko. Sebagaimana diketahui, APBD dan APBN merupakan salah satu komponen paling penting dalam pemulihan ekonomi, terutama setelah pandemi COVID-19.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menambahkan, perlu dipastikan APBD dan APBN efektif perannya dalam membangkitkan kembali perekonomian yang sempat terpuruk. Selain itu, hilirisasi industri dan pemberdayaan UMKM harus diperhatikan. “Kedua hal ini memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan lapangan kerja”, imbuhnya.

Lebih lanut disampaikan, dalam rangka mendukung pembangunan di daerah, realisasi pendapatan daerah juga sangat penting untuk diperhatikan, Sampai dengan tanggal 31 Mei 2022, Realisasi Pendapatan Kabupaten Kotawaringin Barat baru mencapai Rp448 miliar lebih dari target Rp1,3 triliun lebih atau 32,18 persen.

BACA JUGA  Warga Kerja Bakti Perbaikan Jalan Candra Buana Palangka Raya

Pj. Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo dalam laporannya menyampaikan, rapat ini digelar dalam rangka membicarakan hal-hal yang penting dan strategis untuk kemajuan masyarakat dan wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya serta Prov. Kalteng umumnya.

“Dalam mendukung visi Gubernur Kalteng dalam mewujudkan Kalteng Makin Berkah, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan bapak gubernur terhadap prioritas pembangunan Pemprov Kalteng yang berlokasi di Kabupaten Kotawaringin Barat pada 2022 ini. Pemkab Kotawaringin Barat akan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan OPD teknis Prov. Kalteng yang lebih baik untuk kelancaran dan kesuksesan anggaran pembangunan 2022,” tutupnya.

Rapat terbatas dihadiri Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Sahli Gubernur dan Asisten Setda serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Dari Pemerintah setempat hadir Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Holywings Indonesia: “Promosi” Berbau SARA untuk Minum Alkohol, Setelah itu Minta Maaf

Holywings Indonesia menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait dengan konten promosi minuman beralkohol yang dianggap mengandung SARA untuk para konsumennya. Promosi tersebut diunggah di...

Hukum

Usaha Banding Ditolak , Majikan Adelina Tetap Bebas

Mahkamah Persekutuan Malaysia di Putrajaya, Kamis (23/6), menolak upaya banding jaksa atas putusan pembebasan S Ambika yang didakwa membunuh asisten rumah tangga asal Nusa...