Gubernur Kalsel Meletakan Batu Pertama di Penguatan Tebing Sungai Martapura

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan penguatan tebing Sungai Martapura di kawasan Ponpes Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar.

Peletakan batu dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor beserta sejumlah tokoh ulama Martapura KH Wildan Salman, KH Khatim Salman, KH Hasanuddin, Guru Muaz, KH Fadlan Asy’ary, KM M Husin, KH Fauzan Shaleh, Guru Oton, dan segenap pimpinan  Ponpes Darussalam dan Jajaran Kepala SKPD.

Dikesempatannya, Sahbirin Noor mengatakan terlaksananya perkuatan tebing kawasan Ponpes Darussalam ini dianggarkan melalui uang rakyat.

“Kita hanya jadi perantara, prinsipnya ini dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat,” kata Sahbirin, dilansir dari InfoPublik.id, pada Minggu 12 Juni 2022.

Dikesempatan yang sama, KH Hasanuddin Badruddin selaku Murabbi Ponpes Darussalam memberi apresiasi kepada Gubernur Kalsel atas dianggarkan perkuatan tebing di kawasan Ponpes Darussalam ini.

“Tanpa beliau, perkuatan tebing Ponpes Darussalam ini tidak terlaksana karena anggarannya sangat besar,” ucap Hasanuddin.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Kalsel Ahmad Solhan mengatakan perkuatan tebing di pinggir Sungai Martapura kawasan Ponpes Darussalam dianggarkan melalui APBD Kalsel 2022. Dinas PUPR Kalsel sebagai pelaksana kegiatan dengan anggaran sekitar Rp21,9 miliar.

“Total pembuatan perkuatan tebing sepanjang 171,25 × 6 meter dengan masa pekerjaan 227 hari kalender dengan masa pengerjaan sampai 31 Desember 2022,” kata Solhan.

Adapun pekerjaan siring tersebut meliputi pemasangan tiang pancang beton di sepanjang kawasan tersebut.

“Jadi pengerjaan pemasangan tiang pancang beton menggunakan media tongkang agar tidak mengganggu aktivitas warga sekitar,” ungkapnya.

Saat ini sudah mulai dilaksanakan yaitu pembongkaran bangunan Ponpes dan dapur rumah yang terdampak. Untuk pelaksana pekerjaan CV Nangroe Investama dan konsultan supervisi CV Andalusia.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dihari Ulang Tahun Emmeril, Ataliya Praratya Posting Video Perjalanan Hidup Sang Putra

Tepat pada hari ini, Sabtu (25/6), mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril berulang tahun yang ke-23. Tentunya ini menjadi yang pertama...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Vatikan Memuji Keputusan Aborsi Pengadilan AS

Akademi Kehidupan Vatikan (The Vatican's Academy for Life) pada Jumat memuji keputusan Mahkamah Agung AS tentang aborsi, dengan mengatakan keputusan itu menantang dunia untuk...

Hukum

Kejagung Periksa Dua Saksi Kasus Impor Besi

Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa dua orang saksi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya periode 2016...