Gempa Bumi: Sedikitnya 250 Tewas dan Puluhan Terluka di Provinsi Paktika, Afghanistan

Gempa bumi kuat 6.1 SR telah menewaskan sedikitnya 250 orang dan menyebabkan banyak orang terluka di Afghanistan, kata seorang pejabat setempat kepada BBC.

Seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan kepada BBC bahwa jumlah korban tewas lebih dari 250 kemungkinan akan meningkat, dan lebih dari 150 lainnya terluka.

Gempa itu terjadi sekitar 44 km (27 mil) dari kota tenggara Khost.

“Sayangnya, tadi malam terjadi gempa bumi hebat di empat kabupaten di Provinsi Paktika, yang menewaskan dan melukai ratusan warga negara kami dan menghancurkan puluhan rumah,” cuit juru bicara pemerintah Bilal Karimi .

“Kami mendesak semua lembaga bantuan untuk mengirim tim ke daerah itu segera untuk mencegah bencana lebih lanjut.”

gempa bumi
Gambar dari provinsi Paktika menunjukkan kerusakan besar pada bangunan. Photo: Kantor Berita Pemerintah Afghanistan

Getaran terasa di lebih dari 500 km Afghanistan, Pakistan dan India, menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa, dikutip oleh Reuters.

Pusat tersebut mengatakan bahwa para saksi telah melaporkan merasakan gempa bumi di ibu kota Afghanistan, Kabul, serta ibu kota Pakistan, Islamabad.

Namun, belum ada laporan segera mengenai korban, dan gempa tersebut hampir tidak menyebabkan kerusakan di sana, menurut BBC Urdu.

gempa bumi
Rekaman menunjukkan orang-orang dibawa ke tandu. Photo: Kantor Berita Pemerintah Afghanistan

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan di Afghanistan, khususnya di banyak daerah pedesaan di mana banyak tempat tinggal tidak stabil atau dibangun dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Ribuan Warga Dievakuasi Saat Banjir Melanda China Bagian Selatan

Ratusan ribu warga di China telah dievakuasi di beberapa provinsi selatan dan timur setelah hujan yang tak henti-hentinya menyebabkan banjir dan memicu tanah longsor. Dua...

Hukum

Fredy Yohanes, Terdakwa Korupsi Izin Tambang di Bintan Akhirnya Ditahan

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang akhirnya memutuskan untuk menahan terdakwa Fredy Yohanes. Fredy merupakan salah satu terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Izin Usaha...