Gempa Berkekuatan 7,0 SR Guncang Filipina Utara, Dampaknya Terasa di Manila

Gempa melanda di Luzon utara, pulau terpadat di negara itu, pada pukul 08:43 waktu setempat, menurut USGS. Badan tersebut awalnya menetapkan  berkekuatan 7,1, sebelum menurunkannya menjadi 7,0.

Pusat gempa berada sekitar 13 kilometer (8 mil) tenggara kota kecil Dolores, provinsi Abra, dengan kedalaman 10 kilometer (6,2 mil), menurut USGS.

Dampak guncangan terasa di ibu kota, Manila, lebih dari 400 kilometer, di mana pekerja dan penduduk dievakuasi dari bangunan dan berkumpul di jalan.

gempa
Karyawan mengungsi setelah gempa bumi di Quezon City, Filipina pada 27 Juli. – Photo: Gerard Carreon/AP

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan warga harus bersiap menghadapi gempa susulan, tetapi menambahkan pihaknya tidak mengeluarkan peringatan tsunami karena terdeteksi di daratan. Abra adalah wilayah terkurung daratan yang terkenal dengan lembah yang dalam dan daerah pegunungan.

Dalam sebuah pernyataan, Rep. Ching Bernos, anggota kongres untuk provinsi Abra, mengatakan guncangan itu “menyebabkan kerusakan pada banyak rumah tangga dan perusahaan,” dan “juga dirasakan di berbagai bagian Luzon dan mengaktifkan tindakan pencegahan di banyak tempat.”

Bernos mengatakan kantornya sedang memantau situasi dan menilai tingkat kerusakan, dan mendesak warga untuk tetap waspada “mengingat kemungkinan gempa susulan.”

Presiden Filipina Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr. memerintahkan pengiriman segera tim penyelamat dan bantuan ke Abra, dan akan mengunjungi daerah-daerah yang terkena dampak setelah dia “diberi izin,” kata sekretaris persnya dalam konferensi pers pada hari Rabu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Bocah 11 Tahun Ditinggal Orangtuanya Meninggal Terinjak

Pasangan suami istri (pasutri) bernama M Yulianto (40) dan Devi Ratna Sari (30) meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jenazah keduanya dimakamkan dalam...

Hukum

Naas! Pria di Bogor Jadi Korban Pembacokan OTK

RR, Seorang pria menjadi korban pembacokan oleh 3 orang tak dikenal (OTK) di Gunungputri, Kabupaten Bogor. Akibatnya, korban mengalami luka sabetan senjata tajam di...

Iklan3