Gelar Sosialisasi Bank Sampah, TP PKK Hadirkan Narasumber dari DLH Palangka Raya

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Palangka Raya menggelar Sosialisasi Bank Sampah yang bertempat di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya dan Bank Sampah Jekan Mandiri Upt. Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya, di Jalan G.Obos XII, Selasa (12/7/2022).

Sosialisasi yang mengangkat tema “Ayo Ubah Sampah Jadi Rupiah Lingkungan Berseri (Bersih, Sehat dan Rapi) Sampah Menjadi Rezeki” tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya. Turut hadir Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Palangka Raya, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kota Palangka Raya dan Kader PKK Kelurahan se-Kota Palangka Raya.

Ketua TP PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin menyampaikan bahwa sampah masih menjadi salah satu permasalahan di Kota-kota di Indonesia, tidak terkecuali di Palangka Raya.

Menurut Pakar Penanganan Sampah Perkotaan Terpadu, Wibowo dan Djajawinta, sampah organik dan non organik yang dihasilkan oleh warga Kota Palangka Raya mencapai 119,910 kg/hari atau 599,55 m3/hari baik berasal dari perumahan penduduk, sarana perdagangan, pasar dan permukiman di berbagai lokasi di Kota Palangka Raya.

Lanjutnya, laju pertumbuhan sampah lebih cepat dibandingkan dengan laju pengolahannya, untuk itu saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya berpacu dan terus berinovasi dalam pengelolaan sampah. Keberhasilan pengelolaan sampah, salah satunya dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat dalam mengurangi sampah dan mengelola sampah secara terpadu.

Dikutip dari Wowkeren, pada Rabu 13 Juli, saat ini terdapat 7 Unit Pengelolaan Sampah Terpadu Kota Palangka Raya yakni dua unit di Kecamatan Pahandut, dua unit di Kecamatan Jekan Raya, dan masing-masing satu unit di Kecamatan Sebangau, Kecamatan Bukit Batu, dan Kecamatan Rakumpit.

Selain itu dibanguan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) 3R yang merupakan Tempat Pengelolaan Sampah dengan sistem mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan memanfaatkan kembali (recycle) dengan bentuk yang berbeda.

BACA JUGA  Pencanangan Pasar Kahayan Sebagai SIAP QRIS Didukung Pemkot Palangka Raya

Avina Fairid Naparin berharap dengan dibangunnya berbagai fasilitas tersebut, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan edukasi dan penyadaran tentang pengurangan produksi sampah serta pengelolaan dan pemanfaatan kembali sampah menjadi barang-barang yang berguna, bahkan dapat bernilai ekonomis.

Bank sampah merupakan salah satu program kegiatan bagi masyarakat yang bertujuan memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan sampah, dengan bank sampah, diharapkan masyarakat dapat memilah sampah di rumahnya masing-masing, dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kegiatan tersebut.

Maka keikutsertaan dalam Bank Sampah diharapkan dapat meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan sampah dari rumah sehingga dapat mengurangi produksi sampah.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan kader PKK dapat ikut serta memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Ayo ubah sampah jadi rupiah, Lingkungan Berseri (bersih, sehat dan rapi) Sampah jadi Rezeki,” pungkas Avina Fairid Naparin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3