Francia Marquez: Wakil Presiden Kulit Hitam Pertama Kolombia

Francia Marquez menjadi wakil presiden wanita kulit hitam pertama Kolombia. Hasil pemungutan suara pada Ahad (19/6) menetapkan bahwa calon presiden dari sayap kiri Gustavo Petro bersama Marquez unggul dengan perolehan 50,4 persen suara.

Dalam pidatonya, Marquez berterima kasih kepada para pendukung dari seluruh Kolombia karena telah membantunya memenangkan pemilihan presiden. Dia mengatakan, setelah 214 tahun akhirnya warga kulit hitam dapat menduduki jabatan tertinggi di pemerintahan.

“Setelah 214 tahun kami bisa meraih pemerintahan bagi rakyat, pemerintahan bagi orang-orang  yang tangannya kapalan, dan bukan siapa-siapa di Kolombia,” kata Marquez.

Francia Marquez
Presiden dan Wakil Presiden baru Kolombia, Gustavo Petro dan Francia Marquez. Photo: Reuters

Marquez berasal dari Kotamadya Suarez, daerah pedesaan di Provinsi Cauca, Kolombia. Sekitar 80 persen penduduk Cauca hidup dalam kemiskinan.  Marquez adalah seorang aktivis lingkungan terkenal yang menentang penambangan emas di kota asalnya Suarez. Hal ini membuat Marquez menerima Penghargaan Lingkungan Goldman yang bergengsi pada 2018.

Marquez menerima ancaman pembunuhan dari kelompok bersenjata ilegal, karena menentang penambangan emas. Marquez adalah seorang ibu tunggal dan pernah menjadi asisten rumah tangga sebelum terjun ke politik.

Selain menjabat sebagai wakil presiden, Marquez digadang-gadang untuk memimpin Kementerian Kesetaraan untuk meningkatkan hak-hak perempuan dan membantu orang miskin mengakses kesehatan dan pendidikan.  Marquez berada di urutan kedua setelah Petro, dalam pemilihan primer koalisi pada Maret dengan meraih 783 ribu suara. Daniela Cuellar dari FTI Consulting mengatakan kepada Reuters, kebangkitan politik Marquez selama kampanye mengikuti tuntutan masyarakat untuk perubahan dan meningkatnya kekhawatiran tentang topik sosial dan lingkungan.

“Popularitas politik Francia Marquez adalah bagian dari tren di Kolombia, di mana penduduknya mencari perubahan dan di mana masalah sosial-lingkungan menjadi semakin relevan,” kata Cuellar.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Satu Mobil dan 8 Sepeda Motor Terlibat Kecelakaan di Bukittinggi

Perisrtiwa kecelakaan lalu lintas terjadi di kawasan Stasiun Bukittinggi terjadi pada Selasa (21/6). Kecelakaan lalu lintas itu terjadi sekitar pukul 16.45 WIB, yang terjadi...

Hukum

3 Pelaku Pengedar Narkoba di Kampar Riau Diringkus di Lokasi Berbeda

Sebanyak tiga orang pelaku pengedar narkoba diduga jenis sabu di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau berhasil diringkus polisi setempat di tempat kejadian perkara (TKP) yang...