Fraksi DPRD HSU Berikan Bantuan Bank Kalsel Rp 40,8 Miliar

Plt Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi Abdi menyetujui pemandangan umum Fraksi DPRD HSU terkait transparansi dalam penambahan modal daerah kepada Bank Kalsel.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Paripurna Fraksi DPRD HSU dengan agenda penyampaian jawaban kepala daerah atas pemandangan umum Fraksi DPRD terhadap tiga Rancangan Peraturan Daerah.

“Kami sependapat dengan harapan Fraksi Dewan, agar pelaksanaan penambahan penyertaan modal daerah kepada PT. Bank Kalsel dilaksanakan dengan transparan, akuntabel, dan menerapkan prinsip kehati-hatian.” ucap Husairi, dilansir dari InfoPublik, pada Rabu 27 Juli 2022

Ia berharap dengan adanya Raperda ini Bank Kalsel dapat meningkatkan dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat HSU.

Dikatakannya, terkait kebijakan rasionalisasi dan pemangkasan anggaran, tidak diatur dalam Raperda tersebut.

Maka itu, Husairi mengatakan, merupakan kebijakan yang terpaksa harus dilakukan guna menyesuaikan kondisi dan situasi kemampuan keuangan daerah yang menurun drastis dan tidak bisa di prediksi pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, Pemkab HSU mengambil sikap dan kebijakan yang sama, yakni turut mendukung agar Bank Kalsel tetap menjadi Bank Umum Pemerintah Daerah.

“Dengan ikut memberikan penambahan penyertaan modal daerah, agar Bank Kalsel dapat memenuhi modal minimal sebesar Rp 3 triliun pada akhir tahun 2024 sebagai syarat untuk tetap menjadi Bank Umum.” katanya.

Penyertaan modal daerah yang dilakukan berdasarkan hasil kajian investasi yang dilakukan oleh Tim Penasihat Investasi LP2M STIE Indonesia Banjarmasin.

Hasil tersebut dinyatakan bahwa dari analisis atas kemampuan keuangan daerah menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten HSU cukup mampu melakukan penambahan modal sebesar Rp 40.8 miliar guna mempertahankan porsi kepemilikan saham 6.24%.

Jadi dari kombinasi skenario revaluasi aset dan pengembalian dividen (royalti bank) dibutuhkan tambahan modal sebesar Rp 40,89 miliar, yang akan dipenuhi dari pengembalian dividen sebesar Rp 33,36 miliar dan dari APBD murni sebesar Rp 7,53 miliar.” imbuhnya.

BACA JUGA  Polhut Dinas Kehutanan Kalsel Tingkatkan Kemampuan Menembak Untuk Amankan Hutan

Terakhir, Husairi menuturkan bahwa segala saran dan masukan yang bersifat konstruksi akan menjadi catatan bagi Pemerintah Daerah dalam rangka perbaikan ke-3 Raperda yang di ajukannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3