Festival Tabut Kembali Digelar di Bengkulu

Agenda Festival Tabut tahunan yang sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Festival Tabut yang kerap dilakukan setiap kali bulan Muharram kembali digelar di Bengkulu.

Festival Tabut 2022 resmi dibuka pada Jumat (29/7) malam. Rangkaian festival ini diawali dengan proses Pamit Rajo Agung oleh Keluarga Kerukunan Tabut Bencoolen di Balai Raya Semarak Bengkulu. Festival ini sendiri akan berlangsung selama 10 hari ke depan.

“Kita memberikan apresiasi karena secara hirarkinya sebelum melakukan rangkaian ritual Tabut, mereka pamit dengan Rajo Agung (Gubernur Bengkulu). Kami menerima dengan baik kemudian memberikan izin untuk memulai rangkaian festival tabut,” jelas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, Sabtu (30/7).

Ketua Keluarga Kerukunan Tabut Bencoolen, Syafril menjelaskan, festival itu dilakukan untuk menyambut dan merayakat tahun baru Islam. Dia mengapresiasi pihak panitia yang telah mempersiapkan festival ini.

“Lantaran dua tahun tidak melaksanakan kegiatan Festival Tabut secara terbuka akibat pandemi Covid-19, sehingga persiapan yang ada terbilang belum maksimal,” terang Syafril.

Syafril mengatakan bahwa tidak ada unsur syirik atau keramat dalam rangkain prosesi ritual Tabut Bengkulu.

“Dalam prosesi ini tidak ada mantra, yang ada salam atau sholawat kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan memanjatkan doa kepada Allah SWT,” jelas Syafril.

Festivat Tabut atau Tabot akan diisi dengan berbagai macam acara. Agenda ini biasanya menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. (Kay)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3