Evakuasi Kapal Tongkang di Perairan Karangasem Gagal Dilakukan

Pengevakuasian kapal tongkang yang ada di perairan anah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, gagal dilakukan karena gelombang air laut yang tinggi yang disertai dengan angin kencang, sehingga tali yang digunakan pun putus.

Kapten kapal Nasyon Leki (36) mengatakan evakuasi dilakukan dengan menarik kapal menggunakan tug boat milik Pertamina. Tiga kali ditarik menggunakan tali tetap gagal.

“Tadi sudah tiga kali coba ditarik tapi tidak berhasil karena talinya putus. Kemungkinan karena talinya juga sudah lama jadi tidak kuat menarik beban,” kata Nasyon Leki saat ditemui di lokasi, Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Rabu (13/7/2022).

Ia menambahkan, jika proses evakuasi hari ini belum berhasil, pihaknya akan menerjunkan alat berat berupa excavator. Teknisnya, excavator tersebut akan mengeruk pasir yang ada di samping kapal dan mendorongnya ke lautan kemudian baru ditarik oleh tugboat milik Pertamina.

“Semoga dengan cara itu proses evakuasi nantinya akan bisa dilakukan, tapi untuk sementara kita upayakan melakukan penarikan dengan tali yang ditarik oleh tugboat milik Pertamina tapi mungkin perlu tali yang lebih baru supaya tidak gampang putus,” kata Nasyon Leki.

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Putu Eka Suyasmin yang juga datang ke lokasi dan membenarkan bahwa proses evakuasi terkendala karena faktor alam. Ia berharap, itu segera bisa dievakuasi.

“Kita sudah berupaya yang terbaik, mudah-mudahan kedua kapal ini secepatnya dapat dievakuasi,” kata Suyasmin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3