Dokter Peringatkan Resistensi Obat jika Antivirus Covid-19 Salah Penggunaan

Penggunaan antivirus Covid-19 yang tidak tepat dapat menciptakan resistensi obat, Departemen Pengendalian Penyakit Thailand memperingatkan pada hari Senin (11/8).

Dr Opas Karnkawinpong, direktur jenderal departemen tersebut, mengatakan orang sehat yang telah divaksinasi tidak perlu menggunakan antivirus karena kebanyakan dari mereka telah mengalami gejala ringan.

Pemerintah Thailand baru-baru ini memberi lampu hijau kepada rumah sakit dan klinik swasta untuk meresepkan antivirus Molnupiravir kepada pasien yang menderita gejala Covid-19 yang parah.

Namun, Opas mengatakan bahwa meskipun antivirus meredakan gejala dengan cepat, mereka dapat memiliki dampak negatif dalam jangka panjang jika digunakan secara tidak benar.

“Obat antivirus hanya boleh diminum sesuai resep dokter karena penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan resistensi obat,” katanya.

Adapun Presiden Joe Biden mengembangkan infeksi Covid-19 “rebound” minggu lalu setelah menggunakan antivirus Paxlovid, Opas mengatakan ini mungkin karena resistensi obat. Dia menjelaskan bahwa resistensi obat menghentikan kemampuan antivirus untuk melawan semua virus dari tubuh.

Biden pertama kali tertular virus pada 21 Juli tetapi mengalami gejala ringan. Namun, setelah dites negatif selama tiga hari berturut-turut, ia dinyatakan positif lagi pada 30 Juli.

Secara terpisah, Opas mengatakan bahwa 7.000 dari 257.500 dosis Evusheld Long-Acting Antibody (LAAB) yang dipesan dengan AstraZeneca akan dikirim ke rumah sakit milik pemerintah dalam minggu ini.

Obat tersebut akan diresepkan untuk pasien yang menderita penyakit ginjal kronis yang membutuhkan dialisis atau imunosupresan serta pasien transplantasi organ.

Dia menambahkan AstraZeneca akan mengirimkan sisa pesanan dalam waktu dua bulan.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6