Dokter Peringatkan Resistensi Obat jika Antivirus Covid-19 Salah Penggunaan

Penggunaan antivirus Covid-19 yang tidak tepat dapat menciptakan resistensi obat, Departemen Pengendalian Penyakit Thailand memperingatkan pada hari Senin (11/8).

Dr Opas Karnkawinpong, direktur jenderal departemen tersebut, mengatakan orang sehat yang telah divaksinasi tidak perlu menggunakan antivirus karena kebanyakan dari mereka telah mengalami gejala ringan.

Pemerintah Thailand baru-baru ini memberi lampu hijau kepada rumah sakit dan klinik swasta untuk meresepkan antivirus Molnupiravir kepada pasien yang menderita gejala Covid-19 yang parah.

Namun, Opas mengatakan bahwa meskipun antivirus meredakan gejala dengan cepat, mereka dapat memiliki dampak negatif dalam jangka panjang jika digunakan secara tidak benar.

“Obat antivirus hanya boleh diminum sesuai resep dokter karena penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan resistensi obat,” katanya.

Adapun Presiden Joe Biden mengembangkan infeksi Covid-19 “rebound” minggu lalu setelah menggunakan antivirus Paxlovid, Opas mengatakan ini mungkin karena resistensi obat. Dia menjelaskan bahwa resistensi obat menghentikan kemampuan antivirus untuk melawan semua virus dari tubuh.

Biden pertama kali tertular virus pada 21 Juli tetapi mengalami gejala ringan. Namun, setelah dites negatif selama tiga hari berturut-turut, ia dinyatakan positif lagi pada 30 Juli.

Secara terpisah, Opas mengatakan bahwa 7.000 dari 257.500 dosis Evusheld Long-Acting Antibody (LAAB) yang dipesan dengan AstraZeneca akan dikirim ke rumah sakit milik pemerintah dalam minggu ini.

Obat tersebut akan diresepkan untuk pasien yang menderita penyakit ginjal kronis yang membutuhkan dialisis atau imunosupresan serta pasien transplantasi organ.

Dia menambahkan AstraZeneca akan mengirimkan sisa pesanan dalam waktu dua bulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Pelatih Panjat Tebing di Jakarta Timur Babak Belur Dipukul Anak Didiknya

Kasus pemukulan terjadi terhadap pelatih panjat tebing yang diduga dilakukan atlet didiknya. Peristiwa pemukulan itu terekam kamera dan videonya viral di media sosial. Kapolsek Cakung...

Iklan3