Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan pembenahan terhadap fasilitas escalator dan lift di beberapa stasiun kereta api di Jabodetabek.
Dirjen Perkeretaapian (DJKA) Zulfikri menjelaskan, upaya pembenahan itu dilakukan guna meningkatkan kenyamanan penumpang dalam menggunakan jasa layanan KA di tengah pembangunan yang sedang dilakukan.
“Kami sudah melakukan tindak lanjut atas kondisi escalator dan lift di Stasiun Manggarai sehingga saat ini sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat untuk mengakses peron 10, 11, dan 12,” ucapnya pada Senin (13/6/2022).
Adapun Zulfikri menyebut bahwa pembenahan fasilitas escalator dan lift di stasiun lain di Jabodetabek masih terus diupayakan sehingga dapat dioperasikan dengan optimal. “Kami juga berkomitmen untuk memastikan kenyamanan pengguna jasa layanan kereta api selama pembangunan berlangsung,” sambungnya.
Diapun memastikan bahwa jajarannya terus mengupayakan perbaikan fasilitas demi menunjang kelancaran mobilitas penumpang. “Perbaikan fasilitas lift dan escalator di Stasiun Manggarai akan terus dilakukan, sementara untuk Stasiun Jatinegara kami jadwalkan Senin (13/6) ini sudah mulai dikerjakan,” katanya.
Terkait dengan aduan masyarakat yang disampaikan di media sosial mengenai kondisi escalator dan lift, Zulfikri menyampaikan permohonan maaf atas nama DJKA dan menyesali hal tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah aktif melaporkan kondisi lapangan sehingga dapat segera ditangani oleh tim teknis,” ujarnya, dilansir dari infopublik.
Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutfi Azhar, menambahkan bahwa pihaknya bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan akan selalu berkoordinasi dalam pemenuhan fasilitas-fasilitas pelayanan bagi pengguna KRL untuk memberikan layanan terbaik.
Roppiq mengimbau para pengguna KAI Commuter agar mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift yang tersedia di stasiun.