Dirayu Wanita Mengaku Tentara AS, Pria asal Jakarta Tertipu Rp 2,4 Miliar

Seorang pria warga negara asing (WNA) asal Nigeria yang berinisial UT dan seorang wanita WNI inisial CS atas kasus penipuan. Keduanya terlibat kasus penipuan Rp 2,4 miliar dengan korban WNI, laki-laki yang  berinisial PC.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menerangkan kasus itu bermula saat korban menjalin komunikasi dengan pelaku, yang mengaku seorang perempuan tentara Amerika Serikat (AS). Korban mengenal pelaku melalui media sosial.

“Pelaku ngajak korban kenalan dan mengaku tentara Amerika yang akan ditugaskan ke Afganistan,” ujar Zulpan, Jakarta, Rabu (15/6).

Pelaku saat itu mengaku tidak ingin pergi ke Afganistan. Kepada korban, pelaku tersebut ingin mengundurkan diri dari dinas kemiliterannya.

“Pelaku ngaku punya tabungan USD 2 juta yang disembunyikan di Syria (Suriah),” kata Zulpan.

Komunikasi pelaku dan korban PC semakin intens. Saat hubungannya semakin dekat itu, pelaku kemudian meminta dikirimi uang oleh korban.

“Pelaku berkomunikasi dengan korban dan minta korban kirim sejumlah uang agar uang yang USD 2 juta bisa dikirim ke Indonesia. Setelah diterima uang itu, uang yang dikirim korban akan dikembalikan dan dapat komisi 30 persen,” singkat Zulpan.

Pelaku PC yang telah tepedaya rayuan pelaku akhirnya tergerak mengirimkan sejumlah uang. Total, ada Rp 2,4 miliar yang telah dikirim korban. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Dua Wakil Indonesia Juara MTQ Internasional di Amerika

Dua wakil Indonesia berhasil menyabet juara pada ajang MTQ The American International Tibyan Competition for the Quran and Its Recitations di Amerika pada Minggu,...

Hukum

3 Pelaku Pengedar Narkoba di Kampar Riau Diringkus di Lokasi Berbeda

Sebanyak tiga orang pelaku pengedar narkoba diduga jenis sabu di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau berhasil diringkus polisi setempat di tempat kejadian perkara (TKP) yang...