Dalam 1 Minggu, 40 Ekor Ternak di Pesisir Selatan Mati Mendadak

Peristiwa tak terduga terjadi, Ironis dalam kurun waktu satu minggu ini sebanyak 40 ekor ternak sapi dan kerbau milik warga di Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mati secara mendadak.

Belum ada keterangan pasti penyebab pasti penyebab puluhan ternak sapi dan kerbau di daerah tersebut mati. Namun, berdasarkan keterangan sementara dari Wali Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan Jetrizko mati secara mendadak diduga tervirus penyakit mulut kuku (PMK).

Walinagari Jetrizko mengatakan, adanya kematian massal ternak sapi dan kerbau cukup membuat warganya resah, bahkan bangkai terletak di sana – sini dan menyebar pada 12 Nagari dan 32 kampung.

” Kita bersama Camat, Pukeswan Kecamatan Sutera, dan dokter hewan setempat telah turun kelapangan, namun terkendala vaksin ternak,” ujar Jetrizko.

Atas peristiwa itu, Walinagari Aur Duri Surantih, mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan. Baik secara lisan maupun tertulis. Namun, tidak ada juga tanggapan sama sekali sampai detik ini.

Diperkirakan ratusan ekor sapi dan kerbau mati mendadak di Nagari Aur Duri Surantih, diduga hewan-hewan ternak itu mati akibat penyakit mulut kuku ( PMK) yang menyerang ternak warganya.

” Warga berharap perkara ini segera bisa di tindak lanjuti agar keresahan warga bisa terjawab,” pungkasnya. (Kay)

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6