Cover Mobil Cepat Luntur, Ini Empat Penyebabnya

Selain memarkirkan kendaraan di tempat yang teduh, cara lain dalam menjaga warna bodi kendaraan adalah dengan menutupinya menggunakan cover atau sarung mobil.

Fungsinya adalah untuk menghalau sinar matahari, debu, maupun kotoran. Tapi perlu diketahui, meski cover yang digunakan punya harga yang cukup mahal, ternyata tidak menjamin bahwa penutup mobil tersebut tahan lama.

Menurut Dedi Irawan, Owner Star Protection, Produsen cover kendaraan asal Yogyakarta, ada beberapa penyebab cover kendaraan cepat pudar dan berisiko luntur ke bodi mobil. Mulai dari cara cuci hingga masa pakai yang sudah lewat

Berikut empat (4) penyebab utama pelindung mobil milik cepat pudar dan luntur:

  1. Salah Memilih Pembersih Saat Mencuci

Sama seperti baju yang dipakai setiap harinya, pelindung kendaraan juga perlu dibersihkan. Untuk menjaga kebersihan pelindung, kerap pengguna terlalu sering mencuci pelindung, atau terlalu banyak menggunakan deterjen dan bahan kimia lainnya.

Meskipun niatnya baik, ternyata hal-hal tersebut membuat warna pelindung cepat pudar.

Cara membersihkan pelindung kendaraan yang baik adalah dengan merendam pelindung menggunakan air suhu ruang maksimal 5 menit. Apabila terdapat noda pada pelindung, cukup kucek dengan tangan atau gunakan lap microfiber.

“Hindari penggunaan deterjen atau bahan kimia agar tidak mengikis materialnya. Bilas, lalu jemur atau angin-anginkan di tempat teduh. Tunggu sampai cover benar-benar kering dan simpan ditempat yang bersih dan kering,” imbuhnya.

  1. Kondisi Cuaca

Masing-masing daerah memiliki cuaca yang berbeda. Panas terik matahari, angin, intensitas hujan, dan tingkat keasaman sangat mempengaruhi kondisi pelindung kendaraan.

Semakin ekstrem cuaca di suatu daerah, semakin cepat pula warna pelindung memudar. Jika pemilik mobil tinggal di daerah dengan cuaca yang ekstrem, sebaiknya jangan terlalu sering memarkirkan kendaraan di luar.

  1. Coating Belum Kering Sempurna
BACA JUGA  Cek Motor Bekas Tabrakan, Paling Penting Periksa Bagian Rangka

Setelah membeli mobil baru atau melakukan perawatan bodi kendaraan, tidak sedikit pemilik kendaraan tidak sabar ingin memasang cover agar mobil aman dari debu, panas matahari, maupun hujan.

Sayangnya, setelah melakukan perawatan bodi kendaraan seperti poles, coating, wax, dan sebagainya, cat kendaraan menjadi lebih sensitif.Akibatnya, warna dari cover kadang menempel atau luntur pada bodi kendaraan. Karena itu disarankan untuk menunggu 2-3 bulan setelah perawatan sebelum menggunakan cover kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Kunjungan Menlu Turki ke Israel Pertanda Hubungan yang Semakin Hangat

Perjalanan Mevlut Cavusoglu ke Israel minggu ini akan menjadikannya menteri luar negeri Turki pertama yang mengunjungi negara itu dalam 15 tahun terakhir dan merupakan...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Banjir Rob Kembali Rendam Pemukiman di Pekalongan

Peristiwa banjir rob yang kembali terjadi, Banjir terjadi di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan menerjang permukiman pada Rabu (24/5) pagi, sebelumnya sempat...

Hukum

Koruptor Rumah Ibadah di Aceh Ditangkap Setelah 4 Tahun Buron

Koruptor rumah ibadah, Ami Aristoni ditangkap tim Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung). Mantan Sekretaris Dinas Bina Marga Cipta Karya Kabupaten Bener Meriah, Aceh ini sebelumnya...