Cicipi Manisnya Buah Matoa Khas Dari Papua

Buah matoa sudah menjadi kuliner khas Papua, matoa merupakan tanaman buah yang menjadi identitas flora Papua. Dikutip dari laman Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua, tanaman matoa tersebar hampir di setiap daerah di Papua.

Masuk dalam keluarga rambutan-rambutanan (Sapindaceae), matoa bercitarasa campuran rambutan dan kelengkeng. Buah Matoa memiliki masa panen pada bulan Oktober-Desember.

Masyarakat Papua membedakan matoa berdasarkan tekstur buah atau salut biji. Matoa kelapa memiliki daging yang kenyal menyerupai selaput bagian dalam kelapa muda serta mudah lepas dari biji. Matoa Kelapa lebih banyak tersebar di bagian tengah sampai timur Papua (provinsi Papua).

Matoa papeda memiliki daging yang lembek dan lengket mirip papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. Matoa Papeda ini banyak tersebar di bagian barat Papua (provinsi Papua Barat).

Matoa juga dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan warna kulit buahnya. Ketiganya yakni, Matoa Kulit Merah (Emme Bhanggahe), Matoa Kulit Hijau (Emme Anokhong), dan Matoa Kulit Kuning (Emme Khabhelaw).

Matoa juga biasa dijadikan bahan minuman. Kuliner yang menggunakan matoa adalah es matoa. Es matoa dibuat dari beberapa bahan, yaitu jeli, kolang kaling, biji pala, rempah, dan tentu saja matoa itu sendiri.

Cita rasa es matoa cenderung manis dan asam serta memiliki sensasi segar seperti kebanyakan jenis es lainnya. Matoa banyak dijual di pinggir jalan ketika sedang musim panen, seperti di Sentani. Biasanya, dikemas dalam kantong plastik lalu digantung pada dahan bambu.

Hargnya bervariasi tergantung kualitasnya. Matoa dengan kualitas biasa, biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 50 ribu. Sementara yang super biasa dihargai Rp 100 ribu atau lebih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3