Cari Sedan di Bawah Rp 60 Jutaan, Beberapa Model Ini Bisa Jadi Pilihan

Meski peminatnya tidak seramai MPV atau SUV, segmen sedan mempunyai peminatnya sendiri. Daya tarik sedan berada di bentuk bodi yang sleek dan rasa berkendara yang lebih nyaman dibanding mobil lainnya.

Bagi para peminat sedan dengan dana terbatas, sebut saja sekitar Rp 50 jutaan, apakah pilihan menjadi lebih terbatas? Pada nyatanya masih banyak sedan yang dijual dengan harga terjangkau.

Tentunya pembelian mobil bekas dengan dana sangat terbatas harus lebih jeli, lantaran kondisi mobil cukup bervariatif. Berikut pilihan sedan dengan harga sekitar Rp 50 jutaan:

  1. Toyota “All New” Corolla (Rp 40-55 jutaan)

Pertama adalah Toyota Corolla berkode AE 111 generasi kedelapan. Mobil ini, meski diperkenalkan pada tahun 2000 di Indonesia, hingga saat ini dikenal dengan sebutan “All New Corolla”.

Layaknya mobil keluaran awal tahun 2000, Corolla mempunyai kumpulan fitur yang sederhana seperti AC, armrest depan belakang, power windows, radio bawaan masih menggunakan kaset, serta spion luar elektrik.

Mayoritas All New Corolla dengan harga Rp 50 jutaan adalah tipe SE-G dengan mesin 1.600cc dan bertransmisi manual.

  1. Honda Civic Genio (Rp 40-55 jutaan)

Berikutnya adalah Honda Civic Genio. Berbeda dengan hatchback Honda Civic Estilo, versi sedan ini tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan di pasar mobil bekas.

Kendati demikian Honda Civic Genio tetap menjadi salah satu pilihan favorit para kawula muda, terutama untuk pecinta modifikasi. Namun versi standarnya tidak jauh berbeda dari segi fitur dengan mobil sedan di masanya.

Sama seperti All New Corolla, Civic Genio dibekali mesin 1.600cc dengan penggerak roda depan (FWD).

  1. Timor (Rp 25-40 juta)

Ketiga adalah Timor. Mobil yang kerap dikaitkan dengan Presiden Soeharto ini dijual dengan harga terjangkau di masanya. Lantas, harga mobil ini lebih rendah lagi saat memasuki pasar mobil bekas.

BACA JUGA  Harga Ayam di Maros Capai Rp 60 Ribu / Ekor

Sama seperti mobil era 1990-2000an, Timor hanya dilengkapi fitur mendasar saja. Sebagai contoh mobil ini sudah dilengkapi power windows, radio kaset, AC, serta spion elektrik. Namun airbags dan sandaran lengan masih absen di sedan ini.

Timor dilengkapi mesin 1.500cc, bertransmisi manual dan menyalurkan tenaga mesin ke roda depan. Mobil ini mengambil basis dari KIA Sephia di tahun yang sama.

4. Toyota Soluna

Sedan yang kerap dikaitkan sebagai mobil taksi ini bisa dipinang dengan harga terjangkau. Mobil ini mempunyai basis yang sama seperti Toyota Tercel yang dijual pada tahun 1994 hingga 1999. Layaknya mobil keluaran tahun 1990-an, Soluna tidak memiliki banyak fitur mewah.

Sebagai contoh, AC mobil ini mobil ini tidak memiliki pengaturan arah penyemburan dan belum dilengkapi pemanas seperti sedan lain di masanya dan seperti Timor, tidak ada senderan lengan untuk penumpang depan maupun belakang.

Soluna di Indonesia mengusung mesin 1.500cc injeksi dengan pilihan transmisi manual 5 pecepatan atau otomatis 4 percepatan.

  1. Mitsubishi Lancer CB/CK (Rp 30-60 jutaan)

Terakhir adalah Mitsubiahi Lancer lawas tahun 1990-an. Sedan yang kerap dikenal sebagai mobil balap Rally ini masih mempunyai banyak peminat, terutama Lancer CB versi GTi dengan mesin spesial 1.800cc bertenaga 140 hp dan torsi 167 Nm.

Namun dengan dana Rp 50 jutaan, Lancer yang bisa dipinang adalah Lancer CB standar yang menjadi basis Lancer Evolution 3 atau Lancer CK yang menjadi basis dari Lancer Evolution 4. Lantas, tidak jarang para pemilik Lancer ini memodifikasi mobil mereka dengan tampilan yang lebih sporti.

Sama seperti sedan lainnya, Mitsubishi Lancer lawas juga dipasangkan fitur-fitur basic. Sedan ini sudah dilengkapi power windows dan AC, namun belum mempunyai airbags atau CD playersecara standar.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Dua Wakil Indonesia Juara MTQ Internasional di Amerika

Dua wakil Indonesia berhasil menyabet juara pada ajang MTQ The American International Tibyan Competition for the Quran and Its Recitations di Amerika pada Minggu,...

Hukum

62 Ekor Kambing Ilegal Dijual di Batam, Pemerintah Bertindak

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Mardanis mengatakan kambing ilegal tersebut telah diamankan oleh pihak Polda Kepulauan Riau. Sebanyak 62 ekor kambing ilegal...