Cara Hilangkan Karatan pada Alat Makan agar Tampak Seperti Baru

Seiring bertambahnya waktu, alat makan yang terbuat dari stainless steel dan perak akan berkarat jika sering digunakan. Selain disimpan terlalu lama, terkadang karatan juga muncul setelah kita menggunakan peralatannya. Perkaratan biasanya terjadi karena adanya reaksi kimia antara logam dengan oksigen. Jika sudah berkarat, maka kita harus cepat-cepat menghilangkan karatannya.

Selain dari segi tampilan yang tidak bagus, penggunaan alat makan yang karatan bisa mengganggu kesehatan, bahkan dapat menimbulkan penyakit yang serius. Duh, serem ya.

Maka dari itu, sebelum digunakan kembali ada baiknya kita mengikuti tips menghilangkan karatan pada alat makan yang telah terangkum di bawah ini. Yuk, simak!

Bahan-bahannya :

• 1 sdm baking soda

• 1 std garam

• 200 ml cuka makan

• 200 ml air panas

Cara Pembuatannya :

1. Campurkan baking soda dan garam dapur pada wadah plastik. Tuangkan cuka makan pada campuran baking soda garam dan tuang air panas. Campurkan bahan.

2. Rendam peralatan makan seperti sendok, garpu, panci, mangkuk dan piring di dalam wadah. Tunggu kurang lebih 30 detik hingga satu menit.

3. Kemudian ambil satu per satu peralatan makan dan gosokkan hingga mengkilap dengan spons cuci piring atau kain basah. Cuci bersih dengan air biasa dan lap peralatan makan hingga kering. Selesai deh.

Peralatan makan sudah bisa dilihat perbedaannya dari sebelumnya yang kusam dan berkarat, kini jadi berkilap dan tampak baru lagi. Jika alat makan yang berkarat banyak, kamu tinggal tambah alat dan bahannya saja dengan perbandingan tetap. Cukup mudah bukan?

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6