Cara Hilangkan Karatan pada Alat Makan agar Tampak Seperti Baru

Seiring bertambahnya waktu, alat makan yang terbuat dari stainless steel dan perak akan berkarat jika sering digunakan. Selain disimpan terlalu lama, terkadang karatan juga muncul setelah kita menggunakan peralatannya. Perkaratan biasanya terjadi karena adanya reaksi kimia antara logam dengan oksigen. Jika sudah berkarat, maka kita harus cepat-cepat menghilangkan karatannya.

Selain dari segi tampilan yang tidak bagus, penggunaan alat makan yang karatan bisa mengganggu kesehatan, bahkan dapat menimbulkan penyakit yang serius. Duh, serem ya.

Maka dari itu, sebelum digunakan kembali ada baiknya kita mengikuti tips menghilangkan karatan pada alat makan yang telah terangkum di bawah ini. Yuk, simak!

Bahan-bahannya :

• 1 sdm baking soda

• 1 std garam

• 200 ml cuka makan

• 200 ml air panas

Cara Pembuatannya :

1. Campurkan baking soda dan garam dapur pada wadah plastik. Tuangkan cuka makan pada campuran baking soda garam dan tuang air panas. Campurkan bahan.

2. Rendam peralatan makan seperti sendok, garpu, panci, mangkuk dan piring di dalam wadah. Tunggu kurang lebih 30 detik hingga satu menit.

3. Kemudian ambil satu per satu peralatan makan dan gosokkan hingga mengkilap dengan spons cuci piring atau kain basah. Cuci bersih dengan air biasa dan lap peralatan makan hingga kering. Selesai deh.

Peralatan makan sudah bisa dilihat perbedaannya dari sebelumnya yang kusam dan berkarat, kini jadi berkilap dan tampak baru lagi. Jika alat makan yang berkarat banyak, kamu tinggal tambah alat dan bahannya saja dengan perbandingan tetap. Cukup mudah bukan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3