Mengatasi Mobil yang Boros Bahan Bakar untuk Persiapan Mudik Lebaran

Salah satu moda transportasi yang akan digunakan masyarakat untuk mudik lebaran adalah mobil. Namun, dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pastinya akan menjadi masalah tersendiri, terlebih jika roda empat yang akan digunakan untuk menuju ke kampung halaman terbilang boros.

Mobil yang cenderung boros konsumsi bahan bakarnya bisa diatasi dengan mudah. Tapi, perlu diketahui terlebih dahulu masalahnya, agar penanganannya tepat.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendaraan yang boros, adalah dengan memulai pengecekan ban, seperti dilansir laman resmi Auto2000. Anda perlu keliling kendaraan dan perhatikan keempat ban mobilnya untuk mengetahui jika adanya ban yang kurang angin atau bahkan bocor.

Tentu saja jika ada satu ban yang bocor atau kurang angin dapat berdampak pada kendaraan jadi boros bensin. Apalagi ada lebih dari satu ban yang kurang angin, tentu akan sangat boros bahan bakar yang harus dikonsumsi mobil tersebut.

Maka dari itu, biasakan sebelum memulai aktifitas harian, cek keempat ban kendaraan Anda. Namun jika ada ban yang kurang angin dan kondisi ban tersebut sudah aus maka wajib hukumnya untuk segera diganti dengan yang baru.

Cara selanjutnya untuk mengatasi kendaraan boros adalah dengan cek oli mesin. Jika oli sudah terlalu encer atau sudah terlalu lama tidak diganti maka dapat berdampak pada borosnya konsumsi bahan bakar.

Kendaraan pemudik memadati dua ruas Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) pada Km 187 sebelum pintu keluar Gerbang Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Memasuki H-4 Lebaran, kepadatan terjadi di ruas Tol Cipali di Km 73 sampai dengan Km 78 dan Km 86. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebab menurunnya kemampuan oli melumasi internal mesin maka gesekan yang terjadi akan kian tinggi.

BACA JUGA  Toyota Veloz Ikut Uji Tabrak Berstandar Internasional, Berapa Skornya?

Hal ini dapat memicu beratnya kerja mesin dan membutuhkan bahan bakar lebih namun tenaga yang dihasilkan tak optimal. Maka jangan pernah menunda untuk mengganti oli mesin mobil Anda demi menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar.

Cara lain untuk mengatasi mobil yang boros, adalah menerapkan gaya mengemudi hemat bahan bakar sebagai salah satu langkah mengatasi mobil boros bensin. Sebab jika gaya mudi sebaliknya, tentu bahan bakar dapat terbuang percuma.

Namun pada dasarnya untuk menjaga agar konsumsi bahan bakar mobil Toyota selalu optimal dan efisien adalah dengan rutin service berkala

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Nirina Zubir Akui Tak Gentar Meski Riri Khasmita Bawa Banyak Kuasa Hukum

Nirina Zubir masih berjuang di kasus mafia tanah yang menimpa dirinya dan keluarga. Seperti diketahui, Mantan Asisten Rumah Tangga (ART) ibu Nirina, Riri Khasmita...

Gaya Hidup

Ketahui Penyebab Kutu Rambut dan Cara Penularannya

Penyebab kutu rambut adalah parasit yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala. Parasit ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui...

Peristiwa

Ribuan Pembudidaya Ikan Hias di Tulungagung Gulung Tikar

Harga ikan hias yang anjlok sejak beberapa bulan lalu di pasaran menyebabkan ribuan pembudidaya ikan hias di Tulungagung gulung tikar dan berbondong-bondong beralih ke...

Hukum

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...