Cara Hemat Kuota Data, Dijamin Ampuh!

Menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama, kerap kali bikin pengguna tidak memperhatikan penggunaan kuota data internet agar lebih hemat.

Beberapa dari Anda bahkan mungkin sudah merasa hemat, namun kaget saat kuota data habis ketika akan menggunakannya lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima cara jitu bagi Anda untuk hemat kuota data, berikut ulasannya.

  1. Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Seperti yang kita ketahui, beberapa permainan memerlukan akses internet untuk dimainkan dan hal ini sangat menyita kuota internet Anda.

Cara paling ampuh, yakni Anda dapat menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran, cukup unduh kuota data apa pun.

Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline. Aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube tentunya akan menyita kuota data lebih cepat.

  1. Gunakan Batas Data di Latar Belakang

Cara termudah untuk menghemat kuota data paket internet Anda adalah dengan mengatur aplikasi Anda atau bahkan sistem Android itu sendiri.

Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat Anda tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, perbarui feed, widget cuaca, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatur di menu Pengaturan, lalu pilih Penggunaan Data, lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

  1. Batasi Streaming Musik atau Video

Layanan streaming sekarang ini sangat berlimpah. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube, Spotify, Vie, atau video dan musik lainnya.

Padahal, dengan menggunakan ini, kuota internet Anda akan cepat habis. Selain itu, aplikasi streaming akses yang berlebihan juga akan menguras daya baterai Anda. Tipsnya, coba letakkan musik favorit Anda di daftar penyimpanan d smartphone. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

BACA JUGA  Face ID Dengan Masker Akhirnya Diizinkan Apple Pada Pembaruan iOS 2022

Jika ponsel cerdas Anda tidak memiliki slot untuk microSD, Anda dapat menggunakan flash OTG yang masih dapat menikmati musik offline.

  1. Hapus Aplikasi yang Banyak Konsumsi Data

Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang. Ini harus kamu lakukan untuk mengetahui di mana aplikasi yang merepotkan.

Sebagai contoh, aplikasi Yahoo. Yahoo telah mengunduh ratusan MB email di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi ini, atau mengatur agar Yahoo tidak terlalu sering mengambil data dengan sinkronisasi.

  1. Bagikan File Anda Melalui Bluetooth

Sekarang ini, Anda selalu menggunakan aplikasi perpesanan untuk menyederhanakan proses transfer file antara ponsel cerdas Anda dengan yang lain. Padahal, jelas ini membutuhkan kuota internet Anda. Jadi, panggunaan bluetooth mampu menghemat kuota Anda lebih lagi.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Banjir di India dan Bangladesh, 9.5 Juta Orang Terdampak

Dua negara di Asia Selatan, India dan Bangladesh kini sedang dilanda bencana banjir besar. Akibatnya, total 9,5 juta orang dari dua negara tersebut terdampak...

Hukum

Berkas Perkara 8 Tersangka Kasus Kerangkeng Manusia Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara delapan tersangka kasus kerangkeng manusia di rumah pribadi mantan Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin-angin dinyatakan lengkap atau P21. Hanya satu perkara...