Bus Pendaki Merbabu Terguling di Magelang, Puluhan Orang Luka-luka

Peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi, Bus bernopol DK 7590 AK yang membawa rombongan pendaki Gunung Merbabu mengalami kecelakaan di wilayah Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (16/7). Diduga bus tidak kuat saat melewati tanjakan sehingga mundur melewati bahu jalan hingga terbalik.

Berdasarkan informasi yang didapat, bus tersebut dikemudikan Andreas Aditya Linartha (42) tahun yang membawa 34 rombongan pendaki Gunung Merbabu. Para pendaki ini ada yang berasal dari Jakarta, Bogor, maupun daerah lainnya. Mereka berencana mendaki Gunung Merbabu melalui Basecamp Suwanting, Kecamatan Sawangan.

Diduga saat melewati jalan menanjak di Jalan Raya Magelang-Boyolali tepatnya di kawasan Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, dekat SMPN 2 Sawangan, bus tidak kuat. Akibatnya bus berjalan mundur hingga bus terbalik jatuh di lahan pertanian dengan posisi menghadap ke barat. Selain itu, ada juga mobil Suzuki S Cross nopol H 1826 FF yang juga terbalik.

“Kami mau naik Gunung Merbabu. Pas nanjak mesin mati, rem blong mau turun. Terus mundur, beberapa detik akhirnya jatuh,” terang sopir bus Andreas, Sabtu (16/7).

Para pendaki tersebut, katanya ada yang dari Bogor, ada juga yang dari Bogor dan lainnya. Mereka ini rombongan campuran dengan harapan bisa murah harga sewanya.

“Ada dari Jakarta, ada dari Bogor, kira-kira itu. Ya rombongan berangkat semalam Jumat (15/7) sekitar pukul 21.30 WIB,” jelas Andreas yang luka di bagian tangan dan kepala.

Menurutnya, ada penumpang yang terluka cukup parah. Namun, rata-rata penumpangnya mengalami luka benjol di kepala.

“Satu rombongan, cuman kita campuran kayak ada beberapa tempat jadi satu supaya kita bisa lebih murah,” jelasnya.

Sementara itu, Kanit Gakkum Satlantas Polres Magelang Iptu Toyib Riyanto mengatakan, kejadian kecelakaan sekitar pukul 12.30 WIB di depan SMPN 2 Sawangan. Bus tersebut membawa 34 orang para pendaki menuju Gunung Merbabu.

“Di sekitaran SMP 2 Sawangan yang jalannya menanjak dan menikung ke kiri. Untuk dugaan sementara kendaraan tidak kuat menanjak sehingga oleh pengemudi mundur tidak terkendali kemudian turun ke badan jalan sebelah kiri sehingga mengakibatkan kendaraan terbalik menghadap ke arah barat, arah Magelang lagi,” paparnya.

Adapun untuk korban, katanya, korban yang mengalami luka-luka dibawa menuju RSUD Muntilan kurang lebih 20 orang.

“Untuk yang kita bawa ke rumah sakit itu kurang lebih sekitar 20 orang dengan keadaan luka-luka. Sementara masih ditangani di Rumah Sakit Muntilan,” ucapnya.

Untuk mobil di belakang yang terbalik, katanya, tidak terlibat kecelakaan dengan bus. Di mana sebelum kejadian di belakang bus ada dua mobil, satu warna hitam dan satu warna abu-abu.

“Ketika bus tidak kuat kemudian turunnya tidak terkendali, untuk yang mobil hitam bisa menghindar ke kiri kemudian lolos. Kemudian mobil warna abu-abu karena dia panik mundur ke kiri, tapi karena mundurnya terlalu ke kiri sehingga keluar dari badan jalan, ikut jatuh ke areal pertanian,” pungkasnya. (Kay)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Bocah 11 Tahun Ditinggal Orangtuanya Meninggal Terinjak

Pasangan suami istri (pasutri) bernama M Yulianto (40) dan Devi Ratna Sari (30) meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jenazah keduanya dimakamkan dalam...

Hukum

Naas! Pria di Bogor Jadi Korban Pembacokan OTK

RR, Seorang pria menjadi korban pembacokan oleh 3 orang tak dikenal (OTK) di Gunungputri, Kabupaten Bogor. Akibatnya, korban mengalami luka sabetan senjata tajam di...

Iklan3