Bule Kencingi Motor Saat Lampu Merah di Bali Melanggar Norma

Seorang bule mengencingi motornya saat lampu merah di perempatan McD Sanur, Kota Denpasar, Bali. Aksinya tersebut viral di media sosial setelah diabadikan.

Pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar melakukan penyelidikan terkait hal tersebut. Mereka tengah mengumpulkan bahan dan keterangan terkait dugaan pelanggaran norma sosial yang dilakukan bule itu.

“Tim kita sedang pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan),” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar Tedy Riyandi, Rabu (27/7/2022).

Menurut Tedy, pengumpulan barang bukti dan keterangan mulai dilakukan oleh pihaknya di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar, mulai dari tadi pagi usai adanya pemberitaan dari berbagai media massa.

“Tadi pagi (mulai dilakukan pengumpulan bahan dan keterangan) setelah berita,” jelas Tedy.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali Anggiat Napitupulu mengungkapkan, hingga saat ini belum ada penanganan dari aparat penegak hukum (APH) lainnya. Ia telah menugaskan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar untuk melakukan penyelidikan terhadap bule tersebut.

“Untuk menyikapi itu saya sudah memerintahkan ke Imigrasi Denpasar untuk menindaklanjutinya. Tapi hasil tindak lanjutnya belum saya dapatkan, karena saya perintah baru tadi,” terang Anggiat.

Anggiat menegaskan, bahwa bule itu diduga melanggar norma sosial di tempat umum. Ada instansi lain sebagai pemegang payung hukumnya. Mengenai kearifan lokal tentunya diatur dalam peraturan daerah (Perda) di daerah.

“Sifatnya ke APH lain kita nanya ke Pemda saja. Ini terkait berita viral. Ya mereka bilang belum ada tindakan, belum ada follow up. (Koordinasinya) ke Kota Denpasar. Dan mereka tahunya juga setelah viral,” ujarnya.

“Kita juga mendalaminya setelah viral. Mungkin teman-teman Imigrasi Denpasar mencari tahu dulu pemilik akun siapa, akunnya di mana dan orangnya di mana sekarang,” tutur Anggiat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Diimingi Rp 200 Ribu, Pemuda Magelang Setubuhi Gadis Berusia 12 Tahun

FS Pemuda berumur 32 asal Magelang Jawa Tengah ini diancam pasal berlapis. Lelaki ini telah membawa kabur dan beberapa kali menyetubuhi seorang gadis yang...

Iklan3