Bule Kencingi Motor Saat Lampu Merah di Bali Melanggar Norma

Seorang bule mengencingi motornya saat lampu merah di perempatan McD Sanur, Kota Denpasar, Bali. Aksinya tersebut viral di media sosial setelah diabadikan.

Pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar melakukan penyelidikan terkait hal tersebut. Mereka tengah mengumpulkan bahan dan keterangan terkait dugaan pelanggaran norma sosial yang dilakukan bule itu.

“Tim kita sedang pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan),” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar Tedy Riyandi, Rabu (27/7/2022).

Menurut Tedy, pengumpulan barang bukti dan keterangan mulai dilakukan oleh pihaknya di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar, mulai dari tadi pagi usai adanya pemberitaan dari berbagai media massa.

“Tadi pagi (mulai dilakukan pengumpulan bahan dan keterangan) setelah berita,” jelas Tedy.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali Anggiat Napitupulu mengungkapkan, hingga saat ini belum ada penanganan dari aparat penegak hukum (APH) lainnya. Ia telah menugaskan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar untuk melakukan penyelidikan terhadap bule tersebut.

“Untuk menyikapi itu saya sudah memerintahkan ke Imigrasi Denpasar untuk menindaklanjutinya. Tapi hasil tindak lanjutnya belum saya dapatkan, karena saya perintah baru tadi,” terang Anggiat.

Anggiat menegaskan, bahwa bule itu diduga melanggar norma sosial di tempat umum. Ada instansi lain sebagai pemegang payung hukumnya. Mengenai kearifan lokal tentunya diatur dalam peraturan daerah (Perda) di daerah.

“Sifatnya ke APH lain kita nanya ke Pemda saja. Ini terkait berita viral. Ya mereka bilang belum ada tindakan, belum ada follow up. (Koordinasinya) ke Kota Denpasar. Dan mereka tahunya juga setelah viral,” ujarnya.

“Kita juga mendalaminya setelah viral. Mungkin teman-teman Imigrasi Denpasar mencari tahu dulu pemilik akun siapa, akunnya di mana dan orangnya di mana sekarang,” tutur Anggiat.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6