BPS Catat Inflasi pada Juli 2022 Sebesar 0,64 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Juli 2022, terjadi inflasi sebesar 0,64 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,80. Seluruh kota mengalami inflasi, dan tertinggi terjadi di Kendari sebesar 2,27 persen.

Sementara itu inflasi terendah terjadi di Pematang Siantar dan Tanjung masing-masing sebesar 0,04 persen. Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Margo Yuwono saat konferensi virtual Senin (1/8/2022).

“Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu terbesar pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,16 persen,” kata Kepala BPS Margo, dikutip dari infopublik.

Kemudian kelompok transportasi sebesar 1,13 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,47 persen, kelompok pendidikan dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran masing-masing sebesar 0,34 persen.

Selanjutnya kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,33 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,27 persen, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,25 persen.

Lalu kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,23 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,08 persen. Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen.

Margo menjelaskan juga bahwa tingkat inflasi tahun kalender (Januari–Juli) 2022 sebesar 3,85 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 4,94 persen. Komponen inti pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

“Tingkat inflasi komponen inti tahun kalender (Januari–Juli) 2022 sebesar 2,11 persen dan tingkat komponen inti tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 2,86 persen,” jelas Margo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3