BPS Catat Inflasi pada Juli 2022 Sebesar 0,64 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Juli 2022, terjadi inflasi sebesar 0,64 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,80. Seluruh kota mengalami inflasi, dan tertinggi terjadi di Kendari sebesar 2,27 persen.

Sementara itu inflasi terendah terjadi di Pematang Siantar dan Tanjung masing-masing sebesar 0,04 persen. Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Margo Yuwono saat konferensi virtual Senin (1/8/2022).

“Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu terbesar pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,16 persen,” kata Kepala BPS Margo, dikutip dari infopublik.

Kemudian kelompok transportasi sebesar 1,13 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,47 persen, kelompok pendidikan dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran masing-masing sebesar 0,34 persen.

Selanjutnya kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,33 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,27 persen, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,25 persen.

Lalu kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,23 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,08 persen. Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen.

Margo menjelaskan juga bahwa tingkat inflasi tahun kalender (Januari–Juli) 2022 sebesar 3,85 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 4,94 persen. Komponen inti pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

“Tingkat inflasi komponen inti tahun kalender (Januari–Juli) 2022 sebesar 2,11 persen dan tingkat komponen inti tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 2,86 persen,” jelas Margo.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6