Biden: Pemimpin Al Qaeda Zawahiri Tewas dalam Serangan Drone di Afghanistan

Drone Amerika Serikat membunuh pemimpin al Qaeda Ayman al-Zawahiri dalam serangan di Afghanistan pada akhir pekan, Presiden Joe Biden mengatakan pada Senin (1/8), pukulan terbesar bagi kelompok militan, sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada tahun 2011.

Zawahiri, seorang ahli bedah Mesir yang memiliki hadiah $25 juta untuk kepalanya, membantu mengoordinasikan serangan 11 September 2001, yang menewaskan hampir 3.000 orang.

Para pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Zawahiri tewas setelah serangan pesawat tak berawak AS di ibu kota Afghanistan Kabul pada pukul 06:18 (07:48 WIB) pada hari Minggu.

“Sekarang keadilan telah ditegakkan, dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” kata Biden, yang baru pulih dari COVID-19, dalam sambutannya dari Gedung Putih. “Tidak peduli berapa lama, di mana pun anda bersembunyi, jika anda adalah ancaman bagi rakyat kami, Amerika Serikat akan menemukan anda dan membawa anda keluar.”

Intelijen AS menyatakan dengan “keyakinan tinggi” melalui berbagai aliran intelijen bahwa orang yang tewas adalah Zawahiri, kata seorang pejabat senior pemerintah kepada wartawan. Dia terbunuh di balkon sebuah rumah persembunyian di Kabul yang dia tinggali bersama anggota keluarganya yang lain. Tidak ada korban lain.

Biden mengatakan Zawahiri telah menjadi dalang di balik atau memainkan peran kunci dalam serangan terhadap USS Cole dan kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania.

“Zawahiri terus menimbulkan ancaman secara aktif bagi orang, kepentingan, dan keamanan nasional AS,” kata pejabat itu dalam sebuah konferensi. “Kematiannya memberikan pukulan signifikan bagi al Qaeda dan akan menurunkan kemampuan kelompok itu untuk beroperasi.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 3,5

Peristiwa gempa berkekuatan Magnitudo (M) 3,5 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Senin (5/12). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa berlangsung pukul...

Hukum

Anak SD di Jatinegara Jadi Korban Pelecehan

Kasus asusila kembali terjadi, Seorang anak perempuan diduga menjadi korban pelecehan di dekat SDN Jatinegara 01 Pagi di Jalan Kampung Pulo, Jatinegara, Cakung, Jakarta...

Iklan3