Bencana Kekeringan di Buleleng Ancam 20 Desa

Potensi bencana kekeringan disepanjang musim kemarau tercatat ada 20 desa di Buleleng. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan pemetaan tersebut sebagai langkah antisipasi terhadap bencana kekeringan yang biasa melanda di musim kemarau.

Melansir dari DetikBali.com, puluhan desa tersebut tersebar di 8 kecamatan, yakni Kecamatan Gerokgak, Kecamatan Seririt, Kecamatan Busungbiu, Kecamatan Banjar, Kecamatan Sukasada, Kecamatan Kubutambahan, dan Kecamatan Tejakula.

“Dari kajian resiko bencana, kurang lebih ada 20 desa, yang tersebar di 8 Kecamatan yang rawan kekeringan. Terbanyak ada di Kecamatan Tejakula, di sana ada 6 desa,” kata Ariadi.

Kendati demikian, Ariadi mengaku hingga akhir Juli 2022, belum ada permintaan suplai air bersih dari pihak desa yang rawan kekeringan. Ia menyebut jumlah desa yang melaporkan kekurangan air bersih dari tahun ke tahun semakin sedikit. Hal itu menyusul adanya program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk seluruh desa di Kabupaten Buleleng.

“Hanya ada Desa Sinabun kemarin yang memerlukan suplai air, karena kerusakan teknis pada SPAM-nya. Itu sekitar bulan Juni yang lalu,” katanya.

Walaupun belum menerima laporan terkait bencana kekeringan, pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi dengan menyiagakan 1 unit mobil tangki. Jika kemudian jumlah permintaan air bersih meningkat, pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa instansi lainnya, seperti PDAM, TNI dan Polri.

“Kalau ada permohonan kita bantu suplai dari BPBD dan kalau memang volume air yang diperlukan cukup banyak kita mohon bantuan dengan stakeholder lainnya,” pungkasnya.

Berikut adalah 20 desa yang rawan mengalami kekeringan di Kabupaten Buleleng:

1. Kecamatan Gerokgak
Desa Banyupoh

2. Kecamatan Seririt
Desa Ularan
3. Kecamatan Busungbiu
Desa Pelapuan
4. Kecamatan Banjar
Desa Banjar
Desa Kaliasem
Desa Sidatapa
5. Kecamatan Sukasada
Desa Selat
6. Kecamatan Sawan
Desa Bungkulan
Desa Sangsit
Desa Giri Emas
Desa Jagaraga
Desa Sinabun
7. Kecamatan Kubutambahan
Desa Bukti
Desa Bengkala
8. Kecamatan Tejakula
Desa Tembok
Desa Sambirenteng
Desa Pacung
Desa Sembiran
Desa Penuktukan
Desa Madenan

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6