Beberapa Hari Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Pulau Laut Kotabaru Tergenang Banjir

Akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir, hal ini membuat sejumlah wilayah di Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tergenang banjir setinggi pinggang orang dewasa, Kamis (23/6/2022).

“Ya akibat hujan lebat menyebabkan banjir di Desa Sungai Paring, Pembataan, Desa Sungai Taib, Desa Semayap, Kotabaru bagian tengah dan Wilayah Agusalim,” ujar Plt BPBD Kotabaru, Hendra dikutip dari kalsel.inews.id, Kamis (23/6/2022).

Bukan hanya itu, kondisi tersebut diperparah akibat adanya luapan air dari Sungai Desa Semayap Pulau Laut Utara, hingga saat ini tinggi air mencapai pinggang orang dewasa.

Di wilayah perkantoran juga mengalami kebanjiran di antaranya kantor pertanian, kantor tenaga kerja dan tranmigrasi serta berapa perkantoran di Jalan Yakut Desa Dirgahayu.

“Kini BPBD Kotabaru dengan relawan berhasil mengevakuasi anak-anak sekolah dasar di SDN Semayap 2 menggunakan prahu karet selanjutnya di pulangkan ke rumah orang tua siswa masing-masing,” bebernya.

Bersama relawan, BPBD Kotabaru juga mengevakuasi warga lansia dan ibu-ibu yang terdampak banjir.

Menurutnya, penyebab banjir di beberapa tempat akibat intensitas hujan yang lebat dan lama sehingga banyak daerah rendah dan dekat aliran sungai mengalami luapan hingga ke pemukiman warga.

Dirinya mengimbau, agar masyarakat di sekitaran daerah rawan banjir untuk selalu waspada karena tidak menutup kemungkinan ada hujan susulan yang berpotensi banjir.

“Alhamdulillah banjir mulai surut hingga arus lalu lintas dari luar kota menuju Kotabaru relatif aman dan lancar, namun masih ada beberapa rumah masih tergenang banjir,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Tanah Longsor di Bogor, 2 Orang Dilaporkan Hilang Satu Meninggal

Bencana tanah longsor kembali terjadi, Longsor terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yang mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia. Selain itu, dua...

Hukum

Usaha Banding Ditolak , Majikan Adelina Tetap Bebas

Mahkamah Persekutuan Malaysia di Putrajaya, Kamis (23/6), menolak upaya banding jaksa atas putusan pembebasan S Ambika yang didakwa membunuh asisten rumah tangga asal Nusa...