Banjir Rob Kembali Rendam Pemukiman di Pekalongan

Peristiwa banjir rob yang kembali terjadi, Banjir terjadi di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan menerjang permukiman pada Rabu (24/5) pagi, sebelumnya sempat surut pada Senin (23/5) malam, .

Di Gang 12 Tirto, ketinggian genangan air masih berkisar 1 meter. Aktivitas warga pun lumpuh. Berdasarkan informasi, banjir masih terjadi di wilayah ini karena penanganan tanggul jebol belum maksimal.

Menurut salah satu warga Tirto, Slamet Iqbal (66) tahun, banjir rob akan terus masuk ke permukiman melalui Sungai Meduri selama tanggul yang jebol belum diperbaiki seluruhnya.

“Kemarin sore tanggul jebol sedikit demi sedikit. Saat ini yang jebol sekitar 100 meter. Semalam sudah dibuat tanggul darurat dengan karung pasir oleh TNI. Tapi sepanjang 100 meter ini belum semuanya dibuat tanggul darurat. Sehingga air masuk ke permukiman lagi,” ujar Slamet.
Slamet menuturkan, rencananya hari ini akan kembali dilanjutkan pembuatan tanggul darurat menggunakan karung dan pasir.
Hingga kini, sebagian warga masih tetap mengungsi, terutama wanita, lansia, dan anak-anak. Sedangkan para pria dewasa berjaga di mulut gang dan sesekali mengecek kondisi rumah.

Suwarno (37)  tahun warga Tirto, mengakui bila banjir rob pada Senin malam sempat surut.

“Sempat surut, tapi menjelang subuh, sedikit demi sedikit naik lagi. Rumah saya masih terendam sepinggang. Tadi baru saya cek rumah,” ujarnya.

Sementara itu, Stasiun Pompa Air di Tirto masih terus menyedot air rob yang menggenangi permukiman warga ke Sungai Meduri. Namun, lagi-lagi upaya tersebut kurang maksimal, mengingat di tanggul yang jebol belum tertutup sepenuhnya. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dihari Ulang Tahun Emmeril, Ataliya Praratya Posting Video Perjalanan Hidup Sang Putra

Tepat pada hari ini, Sabtu (25/6), mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril berulang tahun yang ke-23. Tentunya ini menjadi yang pertama...

Gaya Hidup

Manfaat Totok Wajah untuk Mengobati Migrain dan Sinusitis

Migrain dan sinusitis tidak hanya bisa diobati dengan pengobatan medis, namun juga terbantu dengan terapi tradisional totok wajah. Simak cara melakukannya dan manfaatnya terhadap...

Peristiwa

Gudang Sat Samapta Terbakar, Polres Kediri Evakuasi 40 Tahanan

Peristiwa kebakaran hebat terjadi, Kebakaran hebat melanda gudang Satuan Samapta Polres Kediri pada Senin (27/6) sore. Kebakaran tidak hanya berdampak pada perlengkapan logistik Sat...

Hukum

Pengeroyokan di Bundaran Adi Bahasa Kendari, 7 Pelaku Sudah Diringkus dan 2 Orang dalam Pencarian

Polisi meringkus tujuh pelaku pengeroyokan di Bundaran Adi Bahasa, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (28/6/2022). Beberapa pelaku pengeroyokan bahkan...