Bakesbangpol Kalsel Laksanakan Sosialisasi Pemilu Seretak 2024 Kepada Masyarakat

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan Sosialisasi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi, literasi, informasi dan wawasan baru untuk masyarakat dalam menyikapi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024,” kata Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah, Banjarmasin, dilansir dari InfoPublik.id, pada Jumat 24 Juni 2022.

Penyelenggaraan pemilu serentak, untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, dan anggota DPD RI dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Sedangkan pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2024, sembilan bulan setelah Pilpres, DPR dan DPD.

“Setiap pemilu merupakan pelaksanaan proses demokrasi, masyarakat diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilih dan memilih pemimpin adalah sebuah kewajiban bagi kita,” lanjutnya.

Heriansyah juga mengajak kepada masyarakat agar tidak hanya sekedar berpartisipasi pada pesta demokrasi, namun juga menjadi pemilih cerdas dalam menentukan sosok yang dipilih.

“Marilah kita menentukan pilihan kita berdasarkan hati nurani kita, dan bisa menjadi pemilih cerdas,” tambah Heriansyah.

Dalam Sosialisasi ini ia menjelaskan, pemilih harus memahami visi, misi dan program kerja calon, mempelajari rekam jejak calon (track record), menghindari politik uang (money politics), mampu menyaring informasi secara bijak untuk menghindari berita bohong (hoaks).

“Dengan menjadi pemilih cerdas, diharapkan dapat melahirkan pemimpin yang memberikan solusi dari setiap permasalahan yang sedang dan akan dihadapi sekarang ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Pesawat Kargo Militer Rusia Jatuh, Tewaskan 4 Orang Kru

Sebuah pesawat kargo militer Ilyushin Il-76 jatuh dan terbakar saat mendarat di dekat kota Ryazan di barat Rusia pada Jumat, menewaskan empat dari sembilan...

Hukum

Modus Pengobatan, Perempuan Tunanetra di Pasuruan Diperkosa

YA (52) tahun, warga Kecamatan Wonorejo diamankan dan diarak warga Desa/Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. YA diduga melakukan pemerkosaan terhadap perempuan tunanetra berusia 35 tahun. Dugaan...